• News
  • Wujudkan Zero Pungli, UPP Saber Pungli Lakukan Pencegahan di RSUD dan Dishub Kota Banjar

Wujudkan Zero Pungli, UPP Saber Pungli Lakukan Pencegahan di RSUD dan Dishub Kota Banjar


Banjar - Upaya pemberantasan pungutan liar pada pelayanan publik terus dilakukan secara masif oleh Tim UPP Saber Pungli Kota Banjar. Deteksi dini yang dilakukan salah satunya dengan sosialisasi upaya pencegahan dan pembinaan.

Pencegahan ini seperti yang dilakukan Tim Saber Pungli pada, Kamis (22 September 2022), di dua tempat pelayanan publik di Kota Banjar. Kedua pelayanan publik yang dikunjungi yakni RSUD Kota Banjar dan Uji KIR Dinas Perhubungan Kota Banjar.

Tim Saber Pungli Kota Banjar mendatangi dua pelayanan publik di Kota Banjar ini bertujuan sebagai upaya pencegahan terjadinya pungutan liar. Pencegahan ini dilakukan sebagai tindak lanjut kinerja Pokja Intelijen sehingga meminimalisir dan membuat Kota Banjar zero Pungli.

Kedatangan Tim Saber Pungli Kota Banjar di RSUD dan Dinas Perhubungan Kota Banjar sangat disambut baik. Kedua institusi ini menyambutnya dengan baik, bahkan meminta agar bisa lebih secara intens sebagai bentuk pengawasan dan evaluasi guna meminimalisir potensi terjadinya Pungli.

Direktur RSUD Kota Banjar dr. H. Agus Budiana Ekaputra menyampaikan rumah sakit sebagai pelayan publik memang sangat riskan dan resiko kearah namanya pungli. Namun itu semua dapat ditangkal dengan komitmen bersama menjalankan tugas memberikan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat.

"Kita menerapkan sistem-sistem yang memperkecil kemungkinan terjadinya pungli. Seperti pendaftaran online dan pembayaran terpusat, tidak ada lagi pembayaran di tiap-tiap unit," tutur dr. H. Agus Budiana E.

dr. H. Agus Budiana menuturkan, kedatangan dari Tim Saber Pungli sangat dibutuhkan dan diharapkan bisa secara intens. Karena sering dipantau sehingga menjadikan Rumah Sakit mengetahui celah-celah berpotensi terjadinya pungli.

"Semakin sering mereka (Tim Saber Pungli) kesini, kami sangat welcome sekali. Sebab kami bisa mengetahui celah-celah dan bisa segera diatasi agar tidak terjadi pungli," kata dr. H. Agus Budiana.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar Ajat Sudrajat, S.Pd., M.M., melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Fera Mada Pratama, S.Sos., M.Si., saat mendapatkan kunjungan Tim Saber Pungli Kota Banjar. Ucapan terima kasih disampaikan atas kedatangan Tim Saber Pungli.

"Terima kasih atas kedatangannya Tim Saber Pungli Kota Banjar. Hadirnya Tim (Saber Pungli) kami bisa diingatkan dan diminimalisir potensi terjadinya pungli pada pelayanan KIR," kata Fera Mada Pratama.

Fera Mada Pratama menuturkan, antisipasi potensi terjadinya pungli Dinas Perhubungan sudah menerapkan sistem Smart Card atau Blue E. Ini guna meminimalisir oknum tidak bertanggungjawab yang merugikan warga masyarakat Kota Banjar.

"Pembayaran juga sudah bisa menggunakan dompet elektronik seperti, Qris, Ovo, dan lainnya. Jadi masyarakat pengguna yang akan menggunakan pelayanan pembayarannya sesuai tanpa ada pungutan lainnya diluar biaya yang telah ditetapkan," kata Fera Mada.

Sementara itu, Ketua UPP Saber Pungli Kota Banjar Kompol Tommy Widodo A., SH., M.Si., berharap edukasi pencegahan pungli yang dilakukan secara intens oleh Tim Saber Pungli Kota Banjar dapat menjadikan Kota Banjar sebagai kota zero Pungli. Zero pungli di semua sektor Pelayanan Publik.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan dari Tim Saber Pungli Kota Banjar yang terus intens memberikan edukasi kepada pelayanan publik, kita bisa zero pungli," ucap Ketua UPP Saber Pungli Kota Banjar.//yuli.