• News
  • Wana Wisata Situ Mustika, Tempat Favorit Nikmati Libur Nataru di Kota Banjar

Wana Wisata Situ Mustika, Tempat Favorit Nikmati Libur Nataru di Kota Banjar


Banjar - Musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak dimanfaatkan sebagian orang untuk mengunjungi ketempat-tempat wisata. Terlebih, libur Natal dan Tahun Baru ini bersamaan pula dengan liburan anak-anak sekolah.

Tentunya masyarakat akan beramai-ramai mendatangi sejumlah destinasi-destinasi untuk menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Salah satu destinasi wisata yang cukup menarik perhatian yakni Wana Wisata Situ Mustika yang terletak di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat. Letak yang strategis berada tidak jauh dari jalan utama perlintasan Jalur Selatan Pulau Jawa Jalan Raya Ciamis-Banjar, Karangpanimbal, Purwaharja, cocok untuk menikmati libur Natal dan Tahun Baru.

Akses menuju lokasi wisata ini cukup mudah tidak membutuhkan waktu lama, bagi orang dari luar Kota Banjar seperti Ciamis hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit, sedangkan dari Pangandaran dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sementara itu, untuk orang dari luar Jawa Barat, yakni Kabupaten Cilacap bisa mengaksesnya ke lokasi hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Lokasi wisata yang terletak di kota paling timur Provinsi Jawa Barat ini memiliki konsep edukasi dengan menonjolkan keindahan alam nan asri. Tak ada satupun bentuk geografis yang dirubah, sehingga tidak merusak lingkungan itu sendiri.

Berbagai wahana tersedia di Wana Wisata Situ Mustika, diantaranya Kampung Seni, Kampung Militer, Saung Banjar, Wahana Air, Istana Balon, dan yang menjadi favorit dari tempat ini yakni wahana Taman Anggrek. Selain itu juga tersedia meeting room, baik indoor maupun outdoor, serta puluhan stand kuliner masakan khas Sunda khususnya Kota Banjar.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, sejuk dan asri, para pengunjung juga bisa mengabadikannya moment-moment terbaik dengan berswafoto di diberbagai spot yang tersedia. Seperti di Kereta Kuda di Cafe Den Ato, hingga yang paling sering digunakan yakni di wahana Taman Anggrek.

Untuk menikmati keindahan alam yang asri di salah satu lokasi wisata terbaik di Kota Banjar, Wana Wisata Situ Mustika, pengunjung hanya perlu mengeluarkan Rp.20.000 untuk tiket masuknya selama musim libur Natal dan Tahun Baru ini, sedangkan untuk hari biasa, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000 dan weekend sebesar Rp.20.000 saja. Lokasi wisata ini dibuka pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Sementara itu, Direktur Wana Wisata Situ Mustika, Ir. Henhen Hendara menuturkan bahwa guna memberikan pelayanan terbaik dan daya tarik masyarakat baik dari dalam maupun luar Kota Banjar, pihaknya akan terus selalu berinovasi. Luas lahan yang tersedia akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjadikan wahana-wahana baru.

"Kedepannya kita akan menerapkan disetiap tiga bulan sekali akan ada wahana baru. Tahun depan selama 9 bulan kita akan membuat wahana baru yakni, Taman Satwa, Kampung Adat, Kampung Santri, Kampung Polisi," ujar Henhen, Sabtu (28 Desember 2019).

Henhen mengungkapkan, sejak diresmikannya 1 tahun lalu tepatnya tanggal 25 Desember 2018 lalu, tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Terlebih lagi disaat masa libur anak-anak sekolah dan launching wahana baru.

"Tidak hanya dari masyarakat dalam maupun luar Kota Banjar, tercatat ada belasan turis mancanegara datang kesini. Seperti dari Jepang dan Amerika, mereka kesini untuk menikmati kesejukan alam di Kota Banjar," ungkapnya.

Hehen menambahkan, sampai dengan saat ini,wahana Taman Anggrek masih menjadi favorit para pengunjung. Pengunjung tidak hanya menikmati anggrek dan berfoto-foto saja tetapi juga bisa membeli anggrek yang dirasa memikat hati.

"Dari anggrek yang ditanam di lokasi Taman Anggrek, para pengunjung juga dapat membelinya. Kami juga tidak lepas begitu saja, kami juga lakukan bimbingan kepada pembeli anggrek tetang cara merawatnya dengan baik, sehingga tanaman itu tetap terus dapat berkembang," ucapnya.

Henhen berharap, dengan adanya Wana Wisata Situ Mustika dapat menghidupkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Banjar, khususnya disekitar lokasi wisata ini. Sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Kami disini memperkejakan masyarakat sekitar dan Kota Banjar. Kami ingin masyarakat disini dapat menikmati keuntungannya dari adanya Wana Wisata Situ Mustika. Banyak stand kuliner semua kami sediakan untuk warga Kota Banjar untuk berdagang disini, tidak dipungut biaya, hanya dipotong untuk biaya kebersihan saja. Prinsip saya, berbuatlah sesuatu untuk bermanfaat kepada orang lain tanpa harus mengharapkan imbalan atau sebagainya," tandasnya.//yuli.