• News
  • Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi

Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi


JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat “Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi”. Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu Drs. Utut Adianto yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI,  Ibu Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si. menjabat sebagai Dewan Pengawas PFN / Staff Khusus Kominfo serta mengundang Ibu Ina Ammanita selaku Anggota DPR RI Komisi VIII. Seminar ini diselenggarakan pada hari Selasa (4/09/2021) secara virual melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah untuk mengedukasi masyarakat luas khusunya untuk masyarakat Daerah 3T lebih mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan diharapkan untuk bisa meningkatkan kehidupan ekonomi, memberdayakan masyarakat agar mampu untuk memanfaatkan Platform Digital dalam era Literasi Digital.

Bapak Utut menyampaikan bahwa masih banyak masyarakat daerah daerah di Indonesia yang belum merasakan Internet dalam era Literasi Digital. Hal tersebut terjadi karena masih banyak masyarakat yang belum penuh memahami betul fungsi dari Internet serta belum meratanya ketersediaan Internet pada Daerah-daerah terpencil . Bapak Utut bersama Kominfo akan berupaya meratakan Internet pada Daerah-daerah Indonesia. Sesuai pada rilis yang tabloidpamor.com terima Selasa (14/09/2021) di Jakarta.

Ibu Niken menjelaskan bahwa “Televisi Analog Akan digantikan oleh Televisi Digital”, Kominfo berupaya untuk meningkatkan Akses Masyarakat luas dengan meningkatkan bentuk sarana Informasi yang di saksikan oleh masyarakat, dengan mengimbangi pada era Literasi Digital yang berkembang.

Ibu Ina memberikan masukan bahwa “kepada Pemangku Daerah untuk memberikan Literasi Digital kepada masyarakat dengan menyediakan sarana internernet di sekitar masyarakat seperti Ruang membaca, untuk memberikan edukasi masyarakat untuk menuju ke ranah Positif dengan tidak mengulangin hal-hal negatif” dengan harapan Khusus nya di Daerah 3T yang terdapat di Ngawi bisa menyesuaikan pada era Literasi Digital untuk ikut berkembang.//van