• News
  • Turun ke Jalan, P3DW Kota Banjar Ingatkan Warga Taat Pajak Kendaraan Bermotor

Turun ke Jalan, P3DW Kota Banjar Ingatkan Warga Taat Pajak Kendaraan Bermotor


TABLOIDPAMOR.com, BANJAR - Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar terus intens dan masif melakukan upaya dalam meningkatkan pendapatan daerah dari potensi pajak kendaraan bermotor. Salah satunya dengan terjun langsung ke jalan menjaring para wajib pajak yang belum taat membayarkan pajak kendaraan bermotornya.


"Kami Samsat Kota Banjar melaksanakan kegiatan pemeriksaan pajak kendaraan bermotor. Pemeriksaan ini dilaksanakan selama 3 hari, sejak kemarin sampai dengan esok hari," ujar Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Banjar Benny Suranata, SE., M.M., saat ditemui di lokasi pemeriksaan kendaraan bermotor di Simpang Empat Makin, Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Rabu (15 Mei 2024).

Benny menjelaskan, pemeriksaan ini menyasar kepada seluruh wajib pajak yang melintas di wilayah jalan depan Taman Kota Lapang Bhakti. Semua kendaraan diperiksa, dan mereka yang terbukti belum membayarkan pajak maka diminta untuk segera menyelesaikan kewajibannya sebagai wajib pajak.

"Di lokasi pemeriksaan kami sediakan mobil Samling (Samsat Kelilig). Jadi manakala ada wajib pajak yang membawa uangnya untuk membayar pajak kami bisa melayani untuk pajak tahunan," kata Benny Suranata.

"Ketika wajib pajak yang terjaring namum belum bisa membayarkan langsung ditempat, maka kami berikan surat pemberitahuan untuk segera membayar pajak," ucap Benny menambahkan.

Tidak hanya pemeriksaan pajak kendaraan, kata Benny, pihaknya juga memberikan edukasi kepada para wajib pajak terkait ketaatan dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Sebab disinyalir banyak masyarakat yang lupa untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor.

"Kita berharap pemeriksaan pajak kendaraan bermotor ini, wajib pajak kami mohon dengan segera membayarkan pajak bermotornya. Karena memang dari pembayaran pajak kendaraan bermotor itu berkontribusi terhadap Kota Banjar dari Dana Bagi Hasil," kata Benny Suranata.

Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor ini, P3DW Kota Banjar bekerjasama dan didukung oleh sejumlah instansi terkait. Terdiri dari Kepolisian Resor Banjar, Jasa Raharja dan Subdenpom III/2-4 Banjar.//yuli.