• News
  • Tradisi Jadi Danbrigif 13 Baru, Letkol Inf Herry Berkunjung ke Ciung Wanara dan Jambansari

Tradisi Jadi Danbrigif 13 Baru, Letkol Inf Herry Berkunjung ke Ciung Wanara dan Jambansari


Ciamis - Letkol Inf Herry Purwanto, S.Sos., sebagai Komandan Brigade Infanteri Raider 13/Galuh Kostrad yang baru melakukan kunjungn tempat-tempat peninggalan Kerajaan Galuh di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Rabu sore (7 April 2021).

Dalam kegiatan tersebut, Danbrigif 13/Galuh didampingi oleh puluhan Prajurit Brigrif Raider 13/Galuh Kostrad dan Kerua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XI Brigif Raider 13 Ny. Herry Purwanto beserta pengurus. Selama kunjungan itu, Letkol Inf Herry beserta rombongan didampingi oleh Raja Galuh R. Hanif Radinal.

Komandan Brigif Raider 13/Galuh Kostrad Letkol Inf Herry Purwanto,S.Sos., mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu rutinitas yang ada di Brigif 13/Galuh. Ini sebagai bakti TNI AD khususnya Brigif Raider 13/Galuh terhadap para leluhur nusantara.

"Saya sebagai orang baru di Brigif 13/Galuh. Dan ini merupakan tradisi kami, tradisi Brigif 13 untuk berkunjung ke tempat yang tertua di wilayah Brigif 13, salah satunya Situs Ciung Wanara Karangkamulyan yang berada di Kabupaten Ciamis," ujar Letkol Inf Herry.

Kunjungan ke situs Ciung Wanara Karangkamulyan, kata Letkol Inf Herry tidak hanya ketika, tetapi setiap tahunnya rutin dilaksanakan kegiatan oleh prajurit Brigif 13/Galuh. 

"Setiap tahunnya kita melakukan kunjungan kesini, yakni ketika ulang tahun Brigade, pejabat-pejabat baru dan itu kita akan selalu melakukan giat tradisi seperti ini," ucapnya.

Seusai mengunjungi Situs Ciung Wanara Karangkamulyan, Letkol Inf Herry beserta rombongan bertolak menuju Situs Jambansari dan Keraton Selagangga. Dimana di Situs Jambansari rombongan melakukan ziarah ke Makam Bupati Galuh Kanjeng Prebu atau RAA Koesoemadiningrat.//yuli.