• News
  • Tingkatkan Pelayanan, Polres Purbalingga Luncurkan Apik Temen

Tingkatkan Pelayanan, Polres Purbalingga Luncurkan Apik Temen


Purbalingga - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Polres Purbalingga meluncurkan aplikasi berbasis android bernama "Apik Temen". Peluncuran aplikasi Apik Temen bersamaan dengan tasyakuran Hari Polantas Bhayangkara ke-64 tahun 2019 tingkat Polres Purbalingga.

Acara tersebut dimeriahkan dengan senam bersama, jalan sehat dan tidak terlupakan pembagian doorprize. Kegiatan tersebut berlangsung di Area parkir Stadion Goentoer Darjono, pada Sabtu, 12 Oktober 2019 kemarin.

Kapolres AKBP, Kholilur Rochman, S.I.K., mengatakan, pihaknya telah mengoperasikan sebuah aplikasi berbasis IT bernama "Apik Temen". Dalam aplikasi tersebut bisa langsung diunduh melalui layanan Play Store itu terdapat sub Panic Button.

Dikatakan Kapolres, fasilitas itu khusus untuk seseorang yang sedang dalam keadaan bahaya atau emergency dan membutuhkan bantuan polisi. "Dengan menekan Panic Button, polisi akan segera datang," jelas Kapolres.

Kapolres menjelaskan, ketika seseorang menekan tombol panik dalam aplikasi Apik Temen itu, lampu merah di ruang kontrol Mapolres Purbalingga akan menyala. Aplikasi itu juga terhubung dengan aplikasi lain yakni Google Map sehingga koordinat penekan tombol panik itu langsung diketahui sehingga polisi bisa langsung bergerak.

Kapolres menambahkan, tombol panik benar-benar hanya untuk kondisi tertentu. Seperti kecelakaan lalu-lintas, menghadapi peristiwa kriminalitas seperti perampokan. "Bahkan seseorang yang tengah malam sedang dalam perjalanan mengalami kerusakan kendaraan jauh dari pemukiman bisa meminta bantuan polisi dengan menekan tombol panik tersebut," ucap Kapolres.

Selain sub Panic Button, kata Kapolres, terdapat fasilitas lain. Masyarakat yang telah melaporkan suatu perkara bisa mengikuti perkembangannya melalui aplikasi tersebut.

"Untuk bisa menggunakan aplikasi, masyarakat harus mendaftar di kolom yang tersedia. Masyarakat harus mencantumkan nama, alamat dan nomor kartu identitasnya," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengapresiasi atas diluncurkannya aplikasi "Apik Temen" kepada khalayak. "Semoga keberadaan aplikasi tersebut bisa lebih mengoptimalkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta yang membutuhkan pertolongan dikala kejadian darurat," ungkap Tiwi.//MN.