• News
  • Tingkatkan Pelayanan, Disdikbud Kota Banjar Permudah Pembuatan Surat Rekomendasi

Tingkatkan Pelayanan, Disdikbud Kota Banjar Permudah Pembuatan Surat Rekomendasi


Banjar - Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar membuat sistem integrasi untuk memudahkan sekolah dan orang tua murid mendapat surat rekomendasi. Surat tersebut untuk keperluan pindah sekolah, kenaikan tingkat, hingga karya wisata sekolah.

"Sistem tersebut untuk memudahkan pihak sekolah atau orang tua yang membutuhkan surat rekomendasi agar tidak perlu mendatangi Kantor Dinas Pendidikan, jadi cukup mengusulkan melalui email yang langsung ditangani oleh secara sistem," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, H Surdam, Senin (28 November 2022).

Menurut dia, sistem mutasi peserta dikdasterpadu ini sudah berjalan beberapa bulan dan diterima baik oleh pemohon, baik sekolah mau pun orang tua siswa. Karena lanjut dia, pihak sekolah maupun orang tua tidak perlu datang ke kantor dinas. Selain itu, dengan sistem tersebut, bisa memangkas atau biaya operasional dan mengefisienkan waktu.

"Dengan menggunakan sistem melalui permohonan uang dikirim ke email, maka pemohon tidak perlu datang ke kantor dinas. Cukup menunggu balasan surat rekomendasi yang ditandatangani dengan tandatangan digital, atau barcode. Ini cukup efektif untuk memotong sistem birokrasi.

"Permohonan dari pihak sekolah atau prang tua siswa cukup mengajukan melalui email, setelah persyaratan sudah lengkap langsung dibalas oleh dinas, pihak sekolah tinggal cetak berkas yang sudah ada tanda tangan QR barcode. Manfaatnya jelas ini jadi efisiensi waktu dan biaya, memudahkan dan mendekatkan pelayanan juga untuk sekolah-sekolah dan orang tua siswa," kata Surdam.

Ia menambahkan, untuk jumlah sekolah baim negeri dan swasta di Kota Banjar tingkat SD sebanyak 86 sekolah. Kemudian untuk tingkat SMP sebanyak 26 sekolah.

"Pembuatan sistem ini bermula dari keprihatinan, karena di dinas terjadi antrean. Kasian ke pihak orang tua siswa dan sekolah. Sehingga kami buat prosesnya melalui sistem digital, ini juga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.//yuli.