• News
  • Tiga Pelaku Pencuri Kabel Telkom Berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Ajibarang

Tiga Pelaku Pencuri Kabel Telkom Berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Ajibarang


Banyumas – Tiga tersangka pencurian kabel Telkom di Desa Darmakradenan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Ajibarang, Polresta Banyumas, Kamis (28 Mei 2020).

Tiga pelaku yang sudah diamankan yakni F, asal Desa Kedungwringin, Patikraja, ADS asal Desa Mersi Purwokerto Timur, dan IND asal Desa Purbalingga. Ketiganya ditangkap di tempat tinggalnya masing-masing.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka,  melalui Kapolsek Ajibarang AKP Wawan Dwi Leksono mengatakan, pelaku pencurian berjumlah 5 orang, sedangkan yang 3 sudah berhasil kami amankan dan sementara yang 2 masih dalam pengejaran.

"Pelaku berjumlah 5 orang, yang 3 sudah kita amankan. Sementara 2 lainnya masih dalam pengejaran," kata Kapolsek Ajibarang AKP Wawan Dwi Leksono.

Menurut Wawan,  penangkapan para pelaku berawal dari adanya laporan dari PT Telkom Sarana Duta yang kehilangan jaringan kabel kurang lebih sepanjang 1000 meter di Desa Darmakradenan RT 2 RW 1 Kecamatan Ajibarang.

Polisi yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan. Dari keterangan saksi-saksi, diperoleh informasi bahwa kendaraan mobil Daihatsu Grandmax yang dijadikan sarana pencurian disewa oleh PT Supranet untuk operasional pemasangan jaringan kabel Telkom.

"Bersama Unit Reskrim Polsek Ajibarang, kami mencari keberadaan mobil tersebut dan melakukan penangkapan terhadap tersangka," jelas wawan.

Dari tangan pelaku, diamankan juga barang bukti berupa potongan kabel Telkom warna hitam, satu unit mobil Daihatsu Grandmax pik up warna putih tahun 2013 Nopol R 1656 LH, plat nomor R 1652 LH, serta satu unit sepeda motor Honda Beat warna hitam Nopol R 5670 HR.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3e KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman diatas 5 tahun penjara. //heru