• News
  • Tertib Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat Budiman Ada 6 Titik Di Cilacap

Tertib Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat Budiman Ada 6 Titik Di Cilacap


Cilacap - Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Cilacap membuat terobosan baru salah satunya Samsat Budiman.

Hal itu dilakukan agar para pengguna kendaraan bermotor yang akan membayar pajak tidak harus ke kantor Samsat yang berada di Cilacap.

Diketahui Samsat Budiman kini ada di 6 titik di Kabupaten Cilacap. Hal itu merupakan terobosan baru darii Samsat Cilacap untuk memudahkan para wajib pajak.

Terobosan baru ini dilakukan dengan jemput bola ke desa-desa berbahasa Samsat Budiman yang saat ini sudah ada 6 titik di Kabupaten Cilacap.

Adapun 6 titik tersebut ada di Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Desa Pesawahan Binangun, Desa Bulaksari Bantarsari, Desa Pahojean dan Desa Bener Kecamatan Majenang. Desa Sikanco sendiri merupakan Samsat Budiman percontohan.

"Hingga Mei 2023 ini, sudah masuk sekitar 50 persen wajib pajak yang telah membayarnya," kata Bintara Urusan (Baur) Samsat Cilacap, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Haryono, Rabu (24 Mei 2023).

Antusias wajib pajak ini, menurutnya, karena masih adanya pemutihan. Dan pemutihan denda pajak akan berakhir pada bulan Juni 2023.

Haryono mengimbau kepada wajib pajak, agar memanfaatkan Terbosan dari Samsat Cilacap yakni Samsat Budiman yang sudah ada di desa desa.

Selain itu, ujar Haryono juga ada Samsat Keliling, dan Samsat Siaga. Ia menilai, tingkat kesulitan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor yaitu finansial dan nama wajib pajak bukan atas nama sendiri.

"Namun, sekarang Samsat ada pemutihan, jadi gratis sehingga masyarakat bisa balik nama," pungkasnya. //WD.