• News
  • Terkait Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Mohamad Hekal: “Saya Ragu Disebabkan Oleh Petir”

Terkait Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Mohamad Hekal: “Saya Ragu Disebabkan Oleh Petir”


Cilacap - Anggota Komisi VI DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pertamina Cilacap terkait terjadinya kebakaran di area kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah beberapa hari yang lalu.

Dalam kunjungan tersebut mereka meminta Pertamina untuk segera menyelesaikan investigasinya terkait terjadinya kebakaran, serta menindaklanjuti agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Tak hanya itu anggota Komisi VI DPR RI juga meminta agar keselamatan masyarakat di sekitar kilang diprioritaskan ketika terjadi peristiwa seperti itu.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal usai kunjungi Kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, untuk melakukan evaluasi pasca kebakaran di Gedung Patra Graha, Selasa (23 November 2021)

"Kami meminta agar pertamina bisa memperbaiki kondisi ini. Jangan sampai pertamina yang kita banggakan ini beritanya hanya musibah dan kecelakaan saja," kata Mohamad Hekal.

Selain itu, lanjutnya agar masyarakat sekitar dilindungi dengan memberikan alternative relokasi atau relokasi fasilitas segera dikaji dan diutuskan.

"Saya meragukan jika dikatakan penyebab kebakaran adalah petir," tegas Mohamad Hekal.

Dia menambahkan, jika memang disebabkan oleh petir, maka akan terjadi banyak kebakaran kilang nantinya, karena saat ini dan ke depan sudah masuk musim hujan.

"Jika memang benar kebakaran ini dikaitkan dengan petir, maka musim hujan akan terus terjadi sampai beberapa bulan ke depan. Ini rasanya tidak mungkin kilang hanya musim hujan terjadi kebakaran," tandasnya.

Menurutnya, bahwa Komisi VI DPR RI terus menunggu evaluasi dan investigasi kebakaran kilang Cilacap yang dilakukan Pertamina.

"Kalau dalam satu tahun bisa terjadi tiga kali kebakaran kilang, ini bisa dibilang bukan sekedar kecelakaan," tegasnya. //heru