• News
  • TEKAN PENYEBARAN COVID-19, PEMKAB PURBALINGGA MEMANTAU KETAT TEMPAT DAN FASILITAS UMUM

TEKAN PENYEBARAN COVID-19, PEMKAB PURBALINGGA MEMANTAU KETAT TEMPAT DAN FASILITAS UMUM


Purbalingga - Kewaspadaan yang disikapi Pemerintahan Daerah Kabupaten Purbalingga terkait merebaknya wabah virus corona dengan memantau secara ketat aktivitas warga diarea vital sangatlah tepat, langkah tersebut diambil untuk mencegah penyebaran virus corona yang jumlahnya sudah menjakit hampir ratusan negara yang ada di dunia, terutama di Negara Indonesia.

Terkait dengan wabah yang mendunia itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama jajaranya serta Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikantono melakukan pengecekan dan pemantauan di beberapa terminal yang ada di Purbalingga, dimulai dari Terminal Bobotsari, Terminal Purbalingga hingga Terminal Bukateja, Selasa (24 Maret 2020).

Dalam pantaunya di Terminal Bobotsari, Tiwi sempat berbincang dan berdialog dengan petugas medis yang ada di posko Siaga  Covid-19 mengenai tatacara prosedur penanganan terhadap kedatangan penumpang.

Tiwi meminta agar penumpang yang datang dan pergi supaya dipantau dan dicek kesehatannya, mulai dari suhu badan, mencatat nama penumpang serta alamat tujuan disetiap terminal yang ada di Purbalingga terutama yang datang dari luar wilayah terdampak wabah corona.

"Penumpang harus dicek kesehatannya, terutama yang suhu tubuhnya tinggi harus dipantau. Dan penumpang dari Jabodetabek yang turun di Purbalingga diwajibkan mengikuti prosedur sesuai SOP yaitu patut mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari,” ujar Tiwi saat pemantauan di terminal.

Lebih lanjut, Tiwi menegaskan, bila terdapat penumpang yang kedapatan bersuhu badannya diatas rata-rata hingga 38 derajad celcius, petugas harus secepatnya menindaklanjuti. Dan mewajibkan penumpang untuk mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari.

"Posko yang ada wajib siaga 24 jam penuh, langkah  ini diambil agar covid-19 dan penyebaran bisa ditekan,” tegasnya.

Tidak hanya melakukan pemantauan di sejumlah terminal yang ada di Purbalingga, Tiwi juga memantau perkembangan desa-perdesa di Purbalingga untuk melihat bagaimana tindaklanjut pencegahan COVID-19 di desa yang ada di Purbalingga. //MN