• News
  • Susah Sinyal Internet, Sandiaga Uno Respon Cepat Keluhan Warga dan Berikan Solusi

Susah Sinyal Internet, Sandiaga Uno Respon Cepat Keluhan Warga dan Berikan Solusi


Pangandaran - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mendatangi lokasi Desa Wisata Selasari yang berada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (13 Oktober 2021).

Kedatangan Sandiaga Uno disambut langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata di Pendopo Kantor Desa Selasari. Setelah menerima paparan terkait desa wisata, Sandiaga Uno kemudian bertolak menuju obyek wisata River Tubing Santirah menaiki mobil kalsik pabrikan Jerman Volkswagen Beetle.

Di tengah perjalanan, Sandiaga Uno berhenti sejenak untuk menyapa secara langsung siswa siswi SDN 1 Selasari. Saat itu pula Kepala Sekolah berbicara kepada Sandiaga Uno yang mengeluhkan susahnya sinyal internet di wilayah Selasari khususnya lingkungan SDN 1 Selasari sehingga para siswa tidak bisa secara maksimal melakukan pembelajaran secara daring ditengah masa pandemi Covid-19.

Keluhan yang disampaikan Kepala Sekolah SDN 1 Selasari kemudian di respon cepat oleh Sandiaga Uno dengan menghubungi rekannya selaku penyedia tower melalui panggilan televon yang disaksikan langsung oleh Bupati Pangandaran dan Kepala Sekolah serta sejumlah siswa-siswi SDN 1 Selasari.

Hal itu juga direspon baik oleh rekannya selaku penyedia tower untuk menindaklanjuti permintaan dari Kepala Sekolah SDN 1 Selasari dan masyarakat Desa Selasari melalui Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sandiaga Uno menyebut bahwa keberadaan sinyal internet sangat penting. Tidak hanya untuk kepentingan pariwisata saja, namun juga untuk pembelajaran siswa.

"Mudah-mudahan bisa segera bangun jaringan di sini, karena Pangandaran potensinya luar biasa," kata Sandiaga.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Selasari Rusliadi menyampaikan terima kasih atas kepedulian Sandiaga. "Terima kasih atas kepedulian, Pak Menteri, khususnya untuk pembelajaran dalam kondisi pandemi," ucapnya.

Setelah menyapa dan berbincang sebentar, Sandiaga Uno kemudian bagi-bagi buku kepada siswa sekolah tersebut.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengatakan, ia diperintahkan Presiden untuk mengecek kesiapan infrastruktur desa-desa wisata di Indonesia. Menurut dia, salah satu yang menyebabkan River Tubing Santirah dikenal wisatawan karena adanya konten kreatif melalui media sosial.

"Kalau tidak ada jaringan, sinyal lemot, tentu sangat tidak optimal (dalam promosi pariwisata)," kata dia.

Sandiaga Uno yang memiliki akses langsung dengan Kementerian Informasi dan Informatika, serta penyedia jaringan, akan segera memfasilitasi penyediaan tower di desa tersebut. "BTS temporer dulu, minta izin lokasinya di mana," ujar Sandiaga.

Ketersediaan sinyal internet juga berimbas kepada pembelajaran siswa, khususnya saat pandemi. Pembelajaran jarak jauh, menurut Sandiaga, harus dipersiapkan dengan andal.

"Anak-anak adalah generasi masa depan bangsa. Kalau anak-anak ini mendapatkan program pembelajaran jarak jauh, tentunya infrastrukturnya harus disediakan. Itu yang menjadi titipan kita," pungkasnya.//Yuli.