• News
  • Sosialisasi Gemarikan, Pemkab Ciamis Ajak Warga Sejak Dini Konsumsi Ikan

Sosialisasi Gemarikan, Pemkab Ciamis Ajak Warga Sejak Dini Konsumsi Ikan


Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan bersama Tim Penggerak PKK menggelar sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di lingkungan Posyandu Dusun Pasirkadu, Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (26 September 2020).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Syarief Nurhidayat menuturkan, sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis untuk memberikan edukasi kepada para orang tua agar anak-anaknya dibiasakan mengkonsumsi ikan. Sebab kandungan pada ikan sangat dibutuhkan para ibu yang sedang mengandung dan anak dibawah usia 5 tahun.

"Semoga dengan sosialisasi ini, para orang tua dapat menumbuhkan minat anak untuk mengkonsumsi ikan baik secara langsung dengan cara dibakar atau digoreng maupun dalam bentuk olahan lain seperti nugget, sosis dan baso. Sebab kandungan protein pada ikan sangatlah tinggi dan rendah lemak sehingga menyehatkan tumbuh kembang anak khususnya anak usia dibawah 5 tahun," kata Syarief disela-sela kegiatan.

Terkait pengolahan makanan berbahan dasar ikan, kata Syarief, Dinas Peternakan dan Perikanan siap memberikan pelatihan kepada warga atau kelompok yang menginginkan. "Kami siap untuk memberikan pelatihan-pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar ikan," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Baregbeg, Eddy Yulianto mengungkapkan apresiasinya kepada Dinas Peternakan dan Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis yang telah memilih lingkungan Posyandu Dusun Pasirkadu Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg menjadi lokasi kegiatan sosialisasi Gemarikan. Dimana dengan sosialisasi ini warga masyarakat khususnya para ibu dapat mengerti pentingnya mengkonsumsi ikan untuk anak, baik dalam bentuk olahan ataupun tidak hanya digoreng atau bakar.

"Kalau ikan itu bisa diolah menjadi nugget, baso, sosis dan sebagainya tentunya akan menjadi menarik untuk anak-anak. Sehingga tidak ada lagi anak yang mengalami stunting atau wasting karena sejak dini telah diajarkan untuk suka mengkonsumsi ikan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan bersama Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis dan Camat Baregbeg membagikan makanan olahan berbahan dasar ikan kepada anak-anak usia dini. Beragam macam olahan ikan tersebut diantaranya nugget, sosis dan baso ikan.//yuli.