• News
  • Senin Depan, Sekolah Tatap Muka di Ciamis Akan di Buka Kembali

Senin Depan, Sekolah Tatap Muka di Ciamis Akan di Buka Kembali


Ciamis - Kabar baik untuk dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Ciamis. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pendidikan mengumumkan bahwa pembelajaran tatap muka di sekolah akan kembali dibuka.

"Rencananya pembelajaran tatap muka di Kabupaten Ciamis akan dimulai dari tanggal 19 April 2021 sampai 8 Mei 2021," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr. Asep Saeful Rahmat, S.IP., M.Si., kepada tabloidpamor.com saat ditemui diruang kerja, Jumat pagi (16 April 2021).

Asep mengatakan, nantinya pelaksanaan sekolah tatap muka harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan.

"Sekolah yang akan dibuka yakni berdasarkan zonasi tingkat desa. Jadi apabila desa itu masuk dalam zona hijau atau kuning maka sekolah yang ada di desa tersebut bisa dibuka," kata Asep.

Selain itu, lanjut Asep, guru maupun tenaga pengajar yang bisa memberikan kegiatan belajar tatap muka tidak boleh bertempat tinggal di zona merah. Begitupun untuk para siswa dari zona merah tidak boleh mengikuti belajar tatap kuka di zona hijau, mereka mengikuti pembelajaran secara Daring.

"Yang perlu diperhatikan bagi yang bisa mengajar adalah mereka yang sudah di vaksin. Bagi mereka yang belum di vaksin maka belum bisa mengajar secara tatap muka tetapi masih secara WFH," kata Asep.

Terkait penerimaan suntik vaksin bagi para guru, Asep mengungkapkan, jenjang Sekolah Dasar sekitar 80 persen, dan itu mereka yang tidak di vaksin lantaran memiliki penyakit bawaan. Sedangkan untuk guru jenjang SMP baru 30 persen yang diberikan suntik vaksin. 

"Kekurangan ini lantaran alokasi vaksinasi untuk guru masih terbatas. Kami masih menunggu alokasi vaksin yang diusulkan Dinas Kesehatan ke Provinsi Jawa Barat untuk para guru," ungkapnya.

Asep menambahkan, kesiapan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka mencapai 96 persen. Nantinya yang tingkatan kelas yang akan melakukan sekolah tatap muka meliputi, Sekolah Dasar kelas 5 dan 6, SMP Kelas 7 dan 8, sedangkan SMA kelas 10 dan 11.//yuli.