• News
  • Semprot Disinfektan, Polresta Banyumas Terjunkan Water Canon

Semprot Disinfektan, Polresta Banyumas Terjunkan Water Canon


Banyumas – Satu unit kendaraan taktis Water Canon diterjunkan untuk menyemprotkan cairan disinfektan dijalan Kota Purwokerto, Kamis (26 Maret 2020). Penyemprotan dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Banyumas.

Penyemprotan disinfektan yang juga melibatkan Pemkab Banyumas, Dishub, PMI dan TNI ini dilakukan di lima lokasi yaitu alun-alun purwokerto, Pasar Wage, Gor Satria, Terminal Bulupitu dan Stasiun Purwokerto.

Kapolresta Banyumas Kombes Polisi Whisnu Caraka mengatakan, Polresta Banyumas menerjunkan satu unit kendaraan Water Canon dengan kapasitas 6000 liter yang akan disemprotkan di Jalan Jenderal Sodirman mulai dari alun-alun sampai Kecamatan Berkoh.

"Diharapkan dengan penyemprotan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat dan bisa menurunkan kepanikan masyarakat Banyumas," kata Kapolresta.

Disampaikan juga bahwa penyemprotan disinfektan ini akan dilakukan secara rutin di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas yang akan dilakukan secara bergantian dengan Pemkab dan TNI.

"Sesuai dengan arahan Kapolri bahwa cairan disinfektan ini hanya berlaku selama tiga hari, makanya nanti akan kita rapatkan jadwalnya. Untuk Pemkap Kapan, TNI kapan, dan dari Kepolisian Kapan. Dan ini secepatnya akan dikoordinasikan," jelas Kapolres.

Sementara itu Bupati Banyumas Ir Ackmad Husein mengatakan, selain jalan-jalan kota Purwokerto, sasaran penyemprotan disinfektan dilakukan dilokasi-lokasi yang jarang terkena sinar matahari.

Seperti diketahui Dikabupaten Banyumas kembali ditemukan dua orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RS Banyumas yang dinyatakan positif terjangkit virus corona (Cofid-19).

Pasien pertama dari Kemiri Sumpiuh tamu dari Bekasi umur 58. Sementara pasien kedua dari Kracak Ajibarang umur 17 pelajar. Keduanya berjenis kelamin laki-laki.

Sebelumnya seorang PDP di RSUD Margono Soekarjo (RSMS) juga dinyatakan positif covid-19. Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki berusia 46 tahun dengan alamat Kelurahan Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur.//ipung