• News
  • Sejahtera, Guru Honorer di Kota Banjar Terima Gaji Rp.1.250.000 Tiap Bulan

Sejahtera, Guru Honorer di Kota Banjar Terima Gaji Rp.1.250.000 Tiap Bulan


Banjar - Nasib para guru maupun tenaga kependidikan honorer di Kota Banjar Jawa Barat sudah bisa merasakan pendapatan yang sama dengan para honorer di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal ini berlangsung sejak satu tahun lalu, tepatnya pada bulan Desember 2020.

"Alhamdulillah, sekarang honorer guru dan tenaga pendidikan di Banjar diangka Rp.1.250.000. Mereka disebut honorer APBD karena anggaran bersumber dari APBD. Ini perhatian yang bagus dibandingkan kabupaten lain," ujar Ketua PGRI Kota Banjar Dadang Darulqutni, SH., S.Pd., kepada awak media seusai kegiatan peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tingkat Kota Banjar di GOR Basket Komplek Gelora Banjar Patroman, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (25 November 2021).

Dadang menyebut pendapatan honorer APBD cukup signifikan, dimana sebelumnya hanya mendapatkan Rp.500 ribu tiap bulannya. "Ada peningkatan dari sebelumnya diangka Rp.500 ribu. Sudah mengalami kenaikan yang signifikat dari satu tahun ini dan akan berakhir bulan Desember besok. Nanti akan dilakukan tinjau ulang pertahun MoU," katanya.

Dadang mengungkapkan, honorer APBD dalam hal ini Tanaga Pendidik dan Tenaga Pendidikan yang bekerja di SD dan SMP Negeri di Kota Banjar berjumlah 388 orang. "Total guru honorer APBD sekitar 270-an orang, sisanya merupakan tenaga kependidikan. Seperti TU dan Penjaga Sekolah," katanya.

Dadang berharap Pemerintah Kota Banjar terus memberikan perhatian kepada para guru di Kota Banjar agar bisa lebih sejahtera. "Mudah-mudahan kedepan dengan selesainya refocussing akibat pandemi, akan ada kesempatan bagaimana memberikan perhatian lebih terhadap guru-guru," tuturnya.

Menyikapi kesejahteraan yang diterima para guru honorer di Kota Banjar, Ketua Forum Pemuda Peduli Pendidikan Diky Agustaf menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap nasib para guru honorer di Kota Banjar. Perhatian yang diberikan pemerintah sangatlah berarti dalam upaya memberikan kesejahteraan bagi guru honorer.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banjar yang telah bisa memberikan kenaikan kesejahteraan bagi guru honorer. Dimana yang sebelumnya mendapatkan upah Rp.500 ribu menjadi Rp.900 ribu dari APBD untuk saat ini," katanya.

Terkait kesejahteraan guru honorer sebesar Rp.900 ribu, salah seorang guru honorer di salah satu sekolah dasar negeri di Kota Banjar mengiyakan hal itu. "Sebelumnya kita pernah merasakan tiap bulannya mendapatkan Rp.250 ribu, kemudian Rp.500 ribu dan terakhir sekarang Rp.900 ribu," ucapnya melalui sambungan telepon.

Terkait kesejahteraan para guru, Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih mengatakan bahwa sudah sejahtera. Ia minta para guru honorer untuk selalu bersyukur. 

"Sudah sejahtera. Kita harus bersyukur berapapun kita terima, dengan bersyukur berapapun yang kita terima itu akan berkah. Tapi berapapun kita terima tetapi tidak bersyukur selamanya akan kurang aja," tutur Walikota Banjar sebelum meninggalkan acara peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional di GOR Basket Komplek Gelora Banjar Patroman.//yuli.