• News
  • Sampai Hari Kesebelas, Polres Ciamis Terapkan Sistem 'Hunting' Saat Ops Patuh Lodaya 2020

Sampai Hari Kesebelas, Polres Ciamis Terapkan Sistem 'Hunting' Saat Ops Patuh Lodaya 2020


Ciamis - Operasi Patuh Lodaya 2020 tingkat Polres Ciamis memasuki hari ke sebelas. Dimana Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis melaksanakannya denga sistem "hunting" atau mencari titik rawan pelanggaran lalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis AKP Sofyan Efendi, SH., menjelaskan, sistem tersebut diterapkan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan selama operasi. Sebab pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020 dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19.

"Petugas kita minta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan cara mereka tidak melakukan penindakan dengan cara razia stationer, tetapi dengan cara mobile atau 'hunting' sistem," kata AKP Sofyan saat dikonfirmasi.

Sampai saat ini, kata AKP Sofyan, pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020 tingkat Polres Ciamis digelar dibeberapa titik rawan pelanggaran lalu lintas di Wilayah Hukum Polres Ciamis. Titik tersebut, diantaranya Jalan Raya Pangandaran, Jalan Jendral Sudirman Ciamis, Jalan Ir. H Djuanda Ciamis, Jalan Raya Cijeungjing, Jalan Raya Imbanegara.

"Kalau sudah dirasa berkurang pelanggarannya akan pindah lagi. Jadi akan mencari yang sekiranya akan banyak pelanggaran," katanya.

Lebih lanjut, AKP Sofyan memastikan personel yang melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2020 akan tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat operasi ini dilaksanakan di masa PSBB transisi atau menuju fase Adaptasi Kebiasaan Baru. "Kelengkapan anggota juga dari sarung tangan dan masker juga dipakai," imbuhnya.

Operasi Patuh Lodaya merupakan agenda rutin Kepolisian Lalu Lintas selama 14 hari sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020. Dimana di hari kesebelas pelaksanaan operasi yang dilaksanakan di Jalan Raya Pangandaran, sebanyak 22 pengendara diberikan penindakan langsung atau tilang.

Pelanggaran ini menambah jumlah pengendara yang ditindak langsung oleh Satlantas Polres Ciamis menjadi 749 pelanggar. Tidak hanya tindakan langsung, para petugas juga memberikan teguran kepada pengendaran, tercatat 1.540 pengendara di berikan teguran oleh petugas.

Selama pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020, Jajara personel Satlantas Polres Ciamis juga melaksanakan bakti sosial berupa membagikan masker gratis kepada para pengendara. Pihaknya menyediakan 10 ribu masker untuk dibagikan selama pelaksanaan Operask Patuh Lodaya 2020, sebagai upaya Polri memutus rantai penyebaran Covid-19.//yuli.