• News
  • Sambut HUT ke-60 Kostrad, Yonif Raider 323/BP Tambah Stok Darah Melalui Donor Darah

Sambut HUT ke-60 Kostrad, Yonif Raider 323/BP Tambah Stok Darah Melalui Donor Darah


Banjar - Di masa pandemi Covid-19, pasokan darah hampir disejumlah daerah menipis. Dalam rangka membantu menambah pasokan darah di Palam Merah Indonesia Kota Banjar, Yonif Raider 323/BP Kostrad menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah yang diikuti oleh seluruh prajurit.

Kegiatan bakti sosial berupa donor darah ini juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat yang jatuh pada tanggal 6 Maret. Donor darah ini diselenggarakn di Aula Dewata Cengkar Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (26 Februari 2021).

Pelaksanaan donor darah kali sedikit berbeda dari biasanya, dimana saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan mengedepankan protokol kesehatan. Ini wajib dilakukan dalam rangka meminimalisir  dan mencegah penyebaran virus corona.

"Donor darah ini sebagai bentuk komitmen prajurit Yonif Raider 323/BP Kostrad untuk membantu masyarakat Kota Banjar. Aksi ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk partisipasi sosial kami," ujar Komandan Yonif Raider 323/BP Kostrad Mayor Inf Afriandy Bayu Laksono, S.Sos., M.I.Pol., seusai kegiatan.

Mayor Inf Afriandy menambahkan, aksi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian para prajurit TNI dalam menjaga stok darah khususnya di PMI Kota Banjar. Terlebih di masa pandemi ini ketersediaan darah di PMI relatif kekurangan.

"Donor darah merupakan perbuatan yang mulia. Karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan darah," tandasnya.

Sementara, perwakilan PMI Kota Banjar Alpan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yonif Raider 323/BP Kostrad yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah ini. Semoga kemanunggalan TNI bersama rakyat ini dapat terus terjalin khususnya dalam kegiatan sosial donor darah. 

"Saat ini kami sangat membutuhkan banyak darah karena persediaan darah di PMI saat ini sangat minim selama wabah Covid-19. Semoga darah yang diberikan berguna bagi masyrakat yang membutuhkan dimasa pandemi Covid-19 saat ini," ucap Alpan.//yuli.