• News
  • Rencana Pelaporan Ridwan Saidi, Kapolres Ciamis: Sementara Belum Ada

Rencana Pelaporan Ridwan Saidi, Kapolres Ciamis: Sementara Belum Ada


Ciamis - Pernyataan Budayawan Betawi, Ridwan Saidi bahwa tidak ada kerajaan di Ciamis dan Galuh diartikan Brutal membuat Budayawan Ciamis berencana melaporkan kepada pihak berwajib. Bahkan sudah ada ultimatum kepada Ridwan Saidi agar mengklarifikasi ucapannya itu.

Terkait pelaporan Ridwan Saidi, Kapolres Ciamis, AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso, SH., S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa pihaknya belum menerima laporan. "Sementara belum ada," jelasnya ketika ditemui di Mapolres Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (17 Februari 2020).

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, Forkopimdan Kabupaten Ciamis sudah mengadakan pertemuan dengan Bupati Ciamis membahas ucapan Ridwan Saidi. Kata Kapolres, Bupati sudah mengambil langkah-langkah terbaik menyikapi permasalahan ini.

"Kemarin Forkopimda komunikasi dengan Pak Bupati. Kita tunggu perkembangan lebih lanjut," ucap Kapolres Ciamis.

Dikatakan Kapolres, pihaknya mengedepankan proses tabayun dalam mengatasi kasus ini. Tabayun di sini berarti mencari solusi penyelesaian terbaik.

"Kita tunggu perkembangan selanjutnya," katanya.

Disinggung apakah ucapan Ridwan Saidi sudah memenuhi unsur pidana, Kapolres Ciamis mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan ahli bahasa. Ia mengatakan, menurut ahli bahasa sudah memenuhi unsur pidana.

"Kemarin kita kordinasi, menurut ahli bahasa sudah memenuhi unsur," ucapnya.

Kepada masyarakat Ciamis, Bismo mengimbau tetap menjaga kondusifitas. Dia mengajak warga menunjukkan keluhuran budi atau budaya Galuh.

"Seperti yang disampaikan Pak Bupati untuk menjaga ketenangan," tandasnya.

Sebelumnya Budayawan Betawi, Ridwan Saidi menyebutkan bahwa dahulu kala tidak ada kerajaan di Ciamis. Pernyataan Ridwan Saidi ini disampaikan melalu chanel YouTube Macan Idealis, Rabu (12 Februari 2020).

"Mohon maaf ya dengan saudara-saudara di Ciamis. Di Ciamis itu enggak ada kerajaan," kata Ridwan Saidi pada tayangan video tersebut.

Pernyataan Ridwan Saidi menimbulkan protes di kalangan budayawan dan masyarakat Ciamis. Mereka mengecam pernyataan Ridwan Saidi.//yuli.