• News
  • Polres Ciamis Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Seorang Ibu Rumah Tangga

Polres Ciamis Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Seorang Ibu Rumah Tangga


Ciamis - Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis berhasil menangkap pelaku pembunuhan seorang ibu rumah tangga bernama Dede Tresnawati (36) warga kompleks wisata Batu Hiu, Dusun Golempang, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pelaku yang berinisial T (27) berhasil ditangkap pada Senin, 14 Oktober 2019 kemarin. Tersangka sempat buron selama tiga pekan pasca kejadian pembunuhan tersebut.

"Kejadian (pembunuhan) terjadi di Parigi tanggal 18 September 2019. Pelaku ditangkap di Tanggerang," tutur Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, SH., S.I.K., M.H., dalam konferensi pers di Mapolres Ciamis, Jawa Barat, Selasa (15 Oktober 2019).

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, tersangka sudah satu bulan mengenal korban. Mereka pernah bertemu satu kali. Pada pertemuan kedua yang juga malam terjadinya pembunuhan, tersangka mendatangi rumah sekaligus warung korban.

Dikatakan Kapolres, korban merupakan wanita yang hidup seorang diri yang menafkahi seorang anak dengan membuka sebuah warung dirumahnya. Pada pertemuan malam itu, tersangka mengajak korban agar berhenti melakukan perbuatan yang tak diinginkan.

Rupanya, selain menjual makanan dan minuman di warung, korban juga menjajakan diri. "Pengakuan pelaku ingin menikahi korban," kata Kapolres.

Lanjut Kapolres, namun korban menolak, korban beralasan butuh pendapatan untuk menafkahi keluarganya. Saat larut malam, tersangka mengajak korban untuk berhubungan badan, namun ajakannya lagi-lagi ditolak korban.

"Pelaku pergi ke kamar mandi, kemudian terbersit niatan untuk menghabisi korban," ujar Kapolres.

Dijelaskan Kapolres, setelah dari kamar mandi, tersangka memanggil korban yang sedang berada di ruang depan. Saat korban menghampiri, tersangka langsung mencekik korban hingga tewas.

Setelah membunuh, tersangka mengambil sepeda motor dan ponsel korban. Tersangka kemudian melarikan diri.

"Pagi hari sekitar pukul 04.00 WIB, tersangka menjual sepeda motor korban ke penadah di daerah Cikalong, Tasikmalaya," jelas Kapolres.

Pada kasus ini, kata Kapolres, penyidik menahan dua orang. Seorang tersangka pembunuhan dan seorang lagi tersangka penadah barang curian.

"Alhamdulillah tersangka T berhasil kita tangkap setelah tiga pekan dikejar," pungkasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka T dijerat Pasal 338 juncto 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. Tersangka diancam kurungan 15 tahun penjara.

Sebelumnya, korban atas nama Dede Tresnawati (36) ditemukan tewas di rumahnya, di kompleks wisata Batu Hiu, Dusun Golempang, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Rabu pagi, 18 September 2019.

Awalnya, korban ditemukan anak bungsunya dalam kondisi terlentang di lantai ruang tengah rumahnya. Berdasarkan keterangan saksi, ada tiga lelaki yang bertamu ke rumah korban pada Selasa malam sekitar pukul 24.00 WIB.

Ketiganya menggunakan sepeda motor jenis Yamaha RX King dan sebuah sepeda motor matic. Pada peristiwa itu, sepeda motor milik korban jenis Honda Beat warna putih dan ponsel hilang.//yuli.