• News
  • Pernyataan Ridwan Saidi Galuh Brutal, Bupati Ciamis Siap Ambil Jalur Hukum

Pernyataan Ridwan Saidi Galuh Brutal, Bupati Ciamis Siap Ambil Jalur Hukum


Ciamis - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya turut bereaksi atas ucapan Budayawan Betawi, Ridwan Saidi yang menyebut tidak ada kerajaan di Ciamis dan Galuh berarti brutal. Herdiat mempertanyakan dasar ucapan Ridwan Saidi.

"Dasarnya apa? Kita tidak ujuk-ujuk (tiba-tiba) ada Galuh. Hasil penelitian, pengkajian ahli, profesor yang meneliti. Barang-barang bukti peninggalan (kerajaan) Galuh ada secara otentik," tutur H. Herdiat Sunarya disela aksi unjuk rasa yang memprotes pernyataan Ridwan Saidi, di Alun-alun Ciamis, Ciamis, Jawa Barat, Jumat (14 Februari 2020).

Perihal Galuh diartikan Brutal, Herdiat menegaskan masyarakat Tatar Galuh tidak merasa brutal. Dia justru merasa bangga dengan nama Galuh.

"Saya bangga pin (bertuliskan) Galuh tiap hari saya pakai. Bangga sebagai masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang pernah punya kejayaan, masa keemasan. Maka kita ingin bangkitkan semangat Galuh," jelas Herdiat.

Herdiat menambahkan, Galuh berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna permata. Galuh menimbulkan cahaya kesemangatan untuk masyarakat.

"Ridwan Saidi bilang Galuh brutal dari mana?," katanya.

Herdiat dan warga Ciamis merasa terusik dengan pernyataan Ridwan Saidi. "Apa tujuannya? (menyebut brutal). Orang Galuh enggak brutal. Santun semua," ucap Herdiat.

Untuk menyelesaikan persoalan ini, Herdiat mengancam akan membawanya ke ranah hukum. Dia akan melaporkan hal ini ke polisi jika tak ada klarifikasi dari Ridwan Saidi.

"Kita tak boleh brutal, tapi tuntut secara hukum. Setuju semua ya," kata Herdiat kepada massa aksi. Massa pun menjawab dengan teriakan, "setujuuuuuu,".

Sebelumnya Budayawan Betawi, Ridwan Saidi menyebutkan bahwa dahulu kala tidak ada kerajaan di Ciamis. Pernyataan Ridwan Saidi ini disampaikan melalui chanel YouTube Macan Idealis, beberapa waktu lalu.

"Mohon maaf ya dengan saudara-saudara di Ciamis. Di Ciamis itu enggak ada kerajaan," kata Ridwan Saidi pada tayangan video tersebut.//yuli.