• News
  • Perlengkapan Pemungutan Suara Telah Datang, Ketua Divisi SDMO Bawaslu Purbalingga Lakukan Pengawasan

Perlengkapan Pemungutan Suara Telah Datang, Ketua Divisi SDMO Bawaslu Purbalingga Lakukan Pengawasan


Purbalingga - Ketua Divisi SDMO Bawaslu Purbalingga, Mukhammad Wakhiddin, S.Sos.I, M.Sos melakukan pengawasan terhadap kedatangan perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainya dan perlengkapan pemungutan suara lainya KPU di Perusahaan Umum Daerah Puspahastama, Jalan Raya Kedungjati KM  01, Bukateja, Purbalingga, pukul 17.00, Kamis (16 November 2023). Hal itu sebagai langkah kesiapan menghadapi Pemilihan Umum 2024,

“Tujuan pengawasan ini adalah memastikan dukungan perlengkapan lainya terpenuhi dalam perlengkapan proses pemungutan dan penghitungan suara serta, memastikan kembali dukungan keamanan gudang berupa cctv yang terpasang di area tersebut berfungsi dengan baik,” jelas Wakhidin.

Kedatangan perlengkapan pemungutan suara ini dengan menggunakan satu armada truk dan merupakan bagian dari pengiriman berurutan dari Kabupaten Banyumas, Purbalingga, hingga Wonosobo, dan Purbalingga merupakan tujuan kedua.

Perlengkapan pemungutan suara yang tiba terdiri dari berbagai jenis kemasan, antara lain plastik kecil, plastik ziplok, plastik sedang, plastik kotak, dan plastik selongsong, dengan total sebanyak 5928 item. Distribusi Perlengkapan Pemungutan Suara ini telah dipaket per kecamatan, sesuai kebutuhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing wilayah.

Tujuan utama dari pengawasan ini adalah memastikan bahwa perlengkapan lain yang diperlukan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara telah terpenuhi dengan baik. Selain itu, pengecekan terhadap keamanan gudang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainya dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainya dilakukan, dengan memastikan bahwa sistem CCTV yang terpasang di area tersebut berfungsi secara optimal.

Selama pemantauan, ditemukan 7 titik CCTV (dari 16 titik) yang digunakan untuk memantau tempat penyimpanan dan telah terpasang dengan baik. Harapannya, dengan adanya dukungan keamanan dari sistem CCTV ini, proses pemantauan dan keamanan gudang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainya dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainya dapat lebih mudah dilakukan.
Pengawasan Perlengkapan Pemungutan Suara ini menjadi bagian integral dari persiapan matang dalam menghadapi Pemilu 2024, memastikan bahwa setiap tahapan proses berlangsung dengan transparan, aman, dan lancar.//MN