• News
  • Perkuat Imunitas, BNN Berikan Pemahaman Bahaya Narkoba ke Siswa SMPN 2 Ciamis

Perkuat Imunitas, BNN Berikan Pemahaman Bahaya Narkoba ke Siswa SMPN 2 Ciamis


Ciamis - Permasalahan narkoba saat ini sudah membuat khawatir semua kalangan terutama di lingkungan pendidikan. Dimana itu merupakan lingkungan pembinaan dan pendidikan para generasi dan penerus bangsa.

Berbagai upaya dilakukan untuk membentengi para generasi muda agar tidak terjerat bahaya narkoba. Seperti hal nya yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Ciamis dengan menggelar sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada para siswa di Aula sekolah, Jumat (15 November 2019).

Sebanyak 288 peserta hadir mengikuti jalannya sosialisasi tersebut. Mereka semua merupakan siswa-siswi kelas VIII dan para guru pendamping.

Dalam kegiatan tersebut, SMP Negeri 2 Ciamis mengundang narasumber dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis. Sehingga memberikan satu informasi penting yang perlu diketahui oleh pelajar supaya tidak terjerumus ke dalam masalah narkoba.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Ciamis, Yudi Nugraha, S.Pd., mengharapkan dengan kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba ini, para siswa yang hadir dapat bisa terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan kepada para siswa sekolah serta guru pendamping. Sehingga dapat terbentuk imunitas dan pemahaman tentang bahaya narkoba," tuturnya.

Sementara itu selaku narasumber dari BNNK Ciamis melalui Kasi P2M, Deny Setiawan, S.Sos., M.M., menyampaikan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Menurutnya, pelajar merupakan aktor intelektual yang memiliki masa depan gemilang.

Lanjut Deny, untuk itulah pelajar harus dijaga agar tidak terlibat dengan kenakalan remaja, masalah hukum, dan termasuk narkoba. Diharapkan pelajar mampu menata diri untuk menjaga masa depannya agar tidak terlibat dengan masalah narkoba.

"Kegiatan ini bisa dijadikan untuk mempersiapkan pelajar terbebas dari ancaman narkoba. Ini juga ikut berperan serta dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) baik di dalam maupun luar sekolah," jelasnya.

Pada kesempatan itu Deny juga memaparkan materi tentang pemahaman dasar mengenai apa itu Narkoba, jenis dan dampak penyalahgunaan narkoba terhadap tubuh. Serta sanksi hukumnya terhadap tindak pidana narkoba.

"Semoga para pelajar mampu menterjemahkan hukum atau peraturan-peraturan yang berlaku saat ini, khususnya Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Hal ini penting sebagai upaya membentengi diri dari ancaman narkoba dan sebagai satu upaya untuk mewujudkan sekolah yang bersih narkoba ( Bersinar)," pungkasnya.//yuli.