• News
  • Peringati HUT Banjar ke-17, Ratusan Jawara Ramaikan Pasanggiri Jawara Banjar Patroman 2

Peringati HUT Banjar ke-17, Ratusan Jawara Ramaikan Pasanggiri Jawara Banjar Patroman 2


Banjar - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjar ke-17, Paguyuban Pencak Silat Kota Banjar menggelar Pasanggiri Pencak Silat Seni Tradisi Jawara Banjar Patroman ke-2 di Gedung Banjar Convention Hall, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Event ini diikuti oleh 53 Paguron dari berbagai daerah baik dalam maupun luar Kota Banjar. Mereka berasal dari wilayah Kota Banjar, Kabupaten Ciamis bagian selatan, dan Kabupaten Pangandaran.

Dari 58 Paguron tersebut, total kurang lebih 128 atlet pencak silat bertarung menampilkan semua kemampuannya di hadapan para juri. Mereka terbagi dalam tiga kategori, diantaranya kategori usia dini, pra remaja, dan remaja.

Ketua Panita, Entang S.R mengatakan, kegiatan ini menjadi event kedua kalinya yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pencak Silat Kota Banjar dan berada di bawah naungan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Kota Banjar. Selain itu, Pasanggiri ini dilaksanakan sebagai bentuk mempersatukan tali silahturahmi para pesilat dan Paguron pencak silat seni tradisi khusunya di wilayah Kota Banjar dan sekitarnya.

"Ini sebagai ajang mempererat tali silahturahmi antar pesilat dan paguron di Kota Banjar dan sekitarnya. Selain itu guna menjaring bibit pesilat khusunya Kota Banjar sehingga dapat membesarkan dan mengharumkan Kota Banjar di tingkat yang lebih tinggi," ujar Entang, Minggu (16 Februari 2020).

Entang menambahkan, nantinya kepada para pemenang baik Juara 1, 2, dan 3, serta pesilat berbakat akan dikumpulkan dan didata. Mereka disiapkan untuk mengikuti pelatihan guna menghadapi Disorda pada bulan September mendatang.

"Nantinya para juara dan pesilat terbaik akan kami kumpulkan kemudian dilatih untuk mewakili Kota Banjar menghadapi Disorda pada September mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pencak Silat Kota Banjar, H. Dian Sardiana berharap dengan Pasanggiri ini terciptanya para atlet-atlet pencak silat khususnya Kota Banjar. Sehingga mereka dapat tampil dan mengharumkan Kota Banjar dalam hal pencak silat seni tradisi diajang yang lebih tinggi lagi bahkan ke tingkat Nasional dan Internasional.

"Kita bersepakat membesarkan IPSI Kota Banjar dan menciptakan atlet-atlet Pencak Silat dari Kota Banjar. Selain itu, semoga semangat para pesilat di Kota Banjar ini juga mendapatkan dukungan dan perhatian besar dari Pemerintah Kota Banjar, sehingga mendapatkan prestasi yang dapat membaganggakan hingga mengharumkan Kota Banjar," tandasnya.//yuli.