• News
  • Penuhi Stok Darah, PMI Gelar Donor Darah di Pendapa Kecamatan Purbalingga

Penuhi Stok Darah, PMI Gelar Donor Darah di Pendapa Kecamatan Purbalingga


Purbalingga - Berbagai cara terus diupayakan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI)  agar ketersedian Darah di Purbalingga bisa terjaga. Meskipun Pandemi telah melandai, ini menjadi tantangan bagi UTD. PMI Kabupaten Purbalingga, pasalnya program vaksinasi masih terus dijalankan oleh pemerintah sehingga banyak pendonor tidak ikut donor karena dalam kondisi pasca vaksinasi baik tahap pertama maupun ke dua.

Maka dari itu UTD PMI Kabupaten Purbalingga menggelar kegiatan donor darah di Pendapa Kecamatan Purbalingga, Rabu (12 Oktober 2021). Kegiatan kemanusian tersebut diikuti segenap Karyawan di lingkungan kecamatan dan kelurahan dan desa Se-Kecamatan Purbalingga, ormas, relawan dan lingkungan sekitar turut ambil bagian pada misi kemanusiaan tersebut.

Tujuannya di samping untuk memenuhi permintaan dari rumah sakit - rumah sakit untuk pertolongan bagi pasein yang membutuhkan transfusi darah, juga untuk mencukupi stok darah di PMI Kabupaten Purbalingga.

Sekertaris Kecamatan Purbalingga yang juga Ketua PMI Kecamatan, Karseno yang juga ikut mendonorkan darahnya dalam kiat tersebut  mengatakan, kegiatan ini kami bekerja bersama UTD PMI Purbalingga untuk mengupaya  pemenuhan ketersediaan darah di Purbalingga. Meskipun di tengah pandemi COVID-19 serba keterbatasan ini.

"Mengingat kebutuhan darah di saat melonjaknya positif Covid-19 beberapa bulan yang lalu, kegiatan ini kami berharap PMI dapat memenuhi stok kebutuhan dan  persediaan darah di Purbalingga”, kata Karseno saat ditemui tabloid Pamor.com di ruang kerjanya.

Ia berharap agar kegiatan seperti ini tarus berjalan dan berkesinambungan serta melibatkan ASN pada lintas sektor sesuai  arahan dari Bupati terkait dalam pemenuhan kebutuhan darah sangat tepat.

" Transfusi darah bagi si pasien merupakan kebutuhan yang mendesak dan penting dalam rangka memberikan pertolongan. Alhamdulillah sampai siang ini kami telah memperoleh 73 kantong darah dari 107 calon pendonor sisanya 34 terbentur dengan pengecekan kesehatan, Covid-19 meskipun telah berangsur-angsur turun namun kita (masyarakat, red) jangan lengah atau berandai-andai Prokes wajib dijalankan dan 5 M", imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Donor Darah UTD  PMI Kabupaten Purbalingga, Eko Warsito dalam kegiatan itu mengapresiasi kepada pihak kecamatan beserta jajarannya dan Forkompimcam dan Ketua PMI Kecamatan Purbalingga beserta unsur hingga terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terkait tranfusi darah tentunya PMI tidak bisa berjalan sendiri tetapi  memerlukan campur tangan dari pihak lain, apalagi kebutuhan darah saat Juni sampai Agustus lalu mengalami lonjakan yang signifikan hingga kewalahan dan menipis", katanya.  

Sementara program vaksinasi yang masih terus dijalankan pemerintah dalam mengantisipasi Covid-19, tentunya kami terus berkomunikasi dan  berkoordinasi dengan instansi lain agar dapat melaksanakan kegiatan donor.

"Agar menjamin ketersedian darah di Purbalingga kami terus mencari celah tempat-tempat baru dalam kegiatan donor. Kegiatan mulia ini akan memberi pertolongan demi kehidupan seseorang dan akan berdampak bagi keluarganya,” tandasnya.//MN