• News
  • Pemeriksaan PKB, P3DW Banjar Terima Pendapatan Pajak Kendaraan Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Pemeriksaan PKB, P3DW Banjar Terima Pendapatan Pajak Kendaraan Mencapai Puluhan Juta Rupiah


TABLOIDPAMOR.com, BANJAR - Pemeriksaan pajak kendaraan bermotor (PKB) digelar Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar berhasil menjaring puluhan wajib pajak. Mereka terjaring dalam pemeriksaan yang digelar selama 3 hari di tiga titik keramaian berbeda di pusat Kota Banjar.

"Bulan Mei (2024) ini kita sudah melaksanakan kegiatan selama 3 hari, yaitu pemeriksaan kendaraan bermotor. Hasilnya, sebanyak 132 kendaraan terjaring belum melaksanakan kewajibannya membayarkan pajak kendaraan bermotor. Dimana 69 pemilik kendaraan secara langsung membayarkan kewajibannya membayar pajak langsung di Mobil Samsat Keliling yang tersedia di lokasi pemeriksaan pajak kendaraan bermotor," ujar Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar H. Benny Suranata, SE., M.M., saat ditemui di Simpang 4 Makin, Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Rabu (15 Mei 2024).

Dari hasil kendaraan yang membayarkan pajak kendaraan bermotornya, kata Benny, pihaknya menerima pendapatan berupa pajak dari wajib pajak mencapai puluhan juta rupiah. Dimana dari 69 kendaraan itu, 61 merupakan pajak kendaraan bermotor Roda 2 dan 8 lainnya yakni kendaraan Roda 4.

"Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor ini, kami berhasil menarik dari wajib pajak sebesar Rp. 26.188.300. Itu merupakan Pokok PKB. Kita juga menerima pendapatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan bersamaan pokok pajak kendaraan bermotor sebesar Rp. 4.716.000. Jadi total penerimaan pajak dari Pokok PKB dan SWDKLLJ selama pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor di bulan Mei 2024 ini sebesar Rp. 30.904.300," kata Benny Suranata.

Adapun pemeriksaan pajak kendaraan bermotor yang dilaksanakan selama tiga hari, kata dia, ini bertujuan untuk menekan angka KTMDU atau kendaraan tidak melakukan daftar ulang. Dimana berdasarkan data yang dimiliki P3DW Kota Banjar mencapai 19 ribu kendaraan masuk kategori KTMDU.

"Berdasarkan data di kami sampai drngan April 2024, data di kami 68.017 KBM dan 29 persen atau 19.714 yang masuk kategori KTMDU," kata Benny Suranata.

Tidak hanya pemeriksaan pajak kendaraan, kata Benny, pihaknya juga memberikan edukasi kepada para wajib pajak terkait ketaatan dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Sebab disinyalir banyak masyarakat yang lupa untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor.

"Kita berharap pemeriksaan pajak kendaraan bermotor ini, wajib pajak kami mohon dengan segera membayarkan pajak bermotornya. Karena memang dari pembayaran pajak kendaraan bermotor itu berkontribusi terhadap Kota Banjar dari Dana Bagi Hasil," kata Benny Suranata.

Terpisah, Nurjanah seorang Wajib Pajak yang terjaring dalam pemeriksaan pajak kendaraan bermotor mengaku dirinya belum membayarkan pajak lantaran tidak sempat. Sebab dirinya baru saja menjalankan proses melahirkan dan pemeriksaan di jalan ini sangat membantu dirinya karena tidak perlu datang ke samsat membayar pajak karena bisa bayar langsung disini.

"Saya belum sempat karena abis lahiran. Saya seneng sekali (Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor), gak usah ke Samsat dan jadi cepet. Dapet hadiah juga lagi saya bayar langsung dilokasi," ucap Nurjanah.//yuli.