• News
  • Pegiat Alam Lintas Komunitas Purbalingga Gelar Penanaman 1000 Pohon

Pegiat Alam Lintas Komunitas Purbalingga Gelar Penanaman 1000 Pohon


Purbalingga - Pecinta alam lintas komunitas melakukan penanaman 1000 pohon untuk konservasi mata air di Lokawisata Curug Sumba, Desa Tlahab Kidul, Karangreja, Purbalingga. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Menamam Pohon Indonesia (HMPI).

"Hari ini kami menerjunkan sekitar 250 rekan pecinta alam lintas komunitas untuk aksi penaman pohon," ujar koordinator acara Rully Alfarez, Minggu (28 November 2021).

Kegiatan penanaman, kata Rully, dilakukan di 4 desa yaitu Tlahab Kidul, Tlagayasa, Dagan dan Ponjen. Pohon yang ditanam antara lain beringin, pulai, bambu dan buah-buahan.

Rully menambahkan kegiatan penanaman kerap dilaksanakan secara swadaya. "Kami gembira kali ini pemerintah mendukung dan Ibu Bupati hadir langsung," ujarnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi yang hadir bersama kegiatan tersebut mengajak masyarakat untuk menanam pohon dalam rangka merawat mata air di Kabupaten Purbalingga.

"Pohon sangat penting untuk konservasi mata air," ujarnya dalam pengarahan apel sebelum penanaman.

Bupati Tiwi mengapresiasi elemen pecinta alam dan lintas komunitas yang ikut serta mendukung acara tersebut. "Kelestarian alam adalah tanggungjawab kita bersama saya gembira pecinta alam Purbalingga sangat peduli dengan lingkungannya," ujarnya.

Pada acara bertajuk “Nguri-Uri Tuk” tersebut Bupati Tiwi didampingi suami Rizal Diansyah secara simbolis menanam pohon beringin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Priyo Satmoko menjelaskan acara tersebut juga sekaligus menyongsong Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke 191.

Malam sebelum acara, para pegiat alam juga menggelar sarasehan dengan tajuk “Pecinta Alam Purbalingga Ngapain Sih?” yang menghadirkan narasumber Gunanto ES (Ketua Ekspedisisi Sisik Naga), Muhammad Kholik (Griya Petualang Indonesia), Teguh Pratomo (PPA Gasda) dan Rully Suyitno (PPA Mayapada).//MN