• News
  • PEDULI LAWAN PANDEMI, PEMERINTAH DESA DIMINTA BERPERAN AKTIF DALAM BERSOSIALISASI

PEDULI LAWAN PANDEMI, PEMERINTAH DESA DIMINTA BERPERAN AKTIF DALAM BERSOSIALISASI


Purbalingga- Dalam upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM meminta jajaran pemerintah desa di seluruh wilayah Kabupaten Purbalingga untuk berperan aktif melakukan sosialisasi mengenai wabah covid-19 kepada masyarakat.  

Hal itu dikemukakan bupati dalam pemantauannya di sejumlah fasilitas pelayanan angkutan umum atau terminal yang ada di Purbalingga, Selasa (24 Maret 2019). Selain memantau di fasilitas pelayanan angkutan umum, bupati bersama jajaranya juga melakukan pemantauan ke desa-desa yang ada di Purbalingga.

Seperti halnya ketika beliau singgah untuk melakukan pemantauan dan memonitoring situasi pemerintah desa di Desa Karangmalang, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (24 Maret 2019). Ia merasa bersyukur bahwa pemdes setempat sudah solid dalam berkegiatan sosialisasi virus corona kepada masyarakat.

"Alhamdulillah situasi pemerintah desa solid, kegiatan sosialisasi mengenai Virus Corona telah dilakukan pemdes setempat,” ujar bupati.

Disamping itu, kepala desa wajib melakukan pemantauan, pengecekan dan pendataan terhadap warga yang baru datang dari perantauan dan berpergian ke wilayah yang terdampak wabah corona.

Kepala Desa Karangmalang Kecamatan Bobotsari, Rois Mintohardjo mengaku ada sekitar 25 orang ODP yang merupakan perantauan dari Jabodetabek dan kami menghimbau agar dalam 14 hari kedepan untuk berada dirumah (isolasi mandiri) dan itu tetap dalam pantauan.

"Kami juga telah membentuk tim pengawas dari kadus dan naping (tenaga pendamping-red) untuk mengawasinya,” tutur Kades.

Pemdes juga berkoordinasi dengan aparat-aparat setempat dengan menggunakan mobil dari desa dan dari pusling (Puskesmas Keliling) telah melakukan sosialisasi-sosialisasi yang masif kepada masyarakat setempat tentang COVID-19.

Tidak hanya itu pemdes Karangmalang juga mengadakan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah warga, rumah Ibadah dan tempat-tempat umum untuk dilakukan penyemprotan secara mandiri.

Selain itu, terkait adanya arahan dari kementerian keuangan bahwa dana desa juga bisa dipergunakan untuk penanggulangan dan pencegahan virus corona, Pemda Purbalingga melalui Dinpermasda akan membuat aturannya (payung hukum) agar bisa ditindaklanjuti oleh desa.//MN