• News
  • Paud di Kota Banjar Berlakukan PTM 100 Persen

Paud di Kota Banjar Berlakukan PTM 100 Persen


Banjar - Kepala Bidang Paud Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar Toto, S.Pd., M.M., mengatakan untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tingkat PAUD sudah dilaksanakan 100 persen dri jumlah siswa. Meski tidak divaksin kata dia, PTM tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan syarat tenaga pendidiknya sudah divaksin sebanyak 80 persen dari jumlah di masing-masing sekolah.

"Total ada 201 PAUD yang tersebar di empat kecamatan di Kota Banjar. PAUD formal sebanyak 30 dan non formal 171 PAUD. PTM kita sudah kita laksanakan 100 persen karena tenaga pendidik untuk PAUD di Kota Banjar ini sudah mencapai 90 persen untuk capain vaksinnya. Jadi sudah lebih dari yang disyaratkan penerapan PTM 100 persen," kata dia di ruang Kerjanya, Jumat (14 Januari 2022).

Hanya saja jelas dia, untuk waktu pembelajaran siswa di sekolah masih dibatasi hingga pukul 10.00 WIB. Sedangkan untuk waktu normalnya sebelum Covid-19 dilaksanakan mulai 07.00 hingga 12.00 WIB.

"Untuk kapasitas jumlah tidak dibatasi, hanya waktu atau lama belajarnya saja yang masih dibatasi. Untuk penerapan prokesnya juga kami pantau seperti mencuci tangan, terutama menggunakan masker," kata dia.

Ia mengakui PTM 100 persen ini disambut baik oleh orang tua siswa. Sebab sebelum diterapkan kebijakan ini, atau ketika pelajaran masih dilakukan secara daring, para orang tua mendesak supaya proses belejar segera dilaksanakan di sekolah secara tatap muka.

"Ya ada desakan dari para orang tua untuk segera dilaksanakan tatap muka di sekolah, terlebih dari orang tua yang dua-duanya sibuk bekerja," katanya.

Ia berharap, kebijakan PTM 100 persen itu terus berjalan bahkan hingga tidak ada lagi pembatasan waktu supaya kurikulum pelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa khsusnya bagi anak usia dini.

"Harapan kami kebijakan ini terus berlanjut supaya anak-anak kita bisa belajar dengan baik, pelajarannya tersampaikan dengan maksimal oleh tenaga pendidiknya," ujar Toto.//yuli.