• News
  • PAS, SMKN 2 Banjar Adakan Pagelaran Seni Budaya Sunda

PAS, SMKN 2 Banjar Adakan Pagelaran Seni Budaya Sunda


Banjar - Dalam rangka Penilaian Akhir Semester, Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 2 Banjar mengadakan pagelaran seni budaya sunda di lapang Indoor Kampus SMK N 2 Banjar, Jalan Raya Banjar-Ciamis, Lingkungan Cipadung, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (17 Desember 2019).

Berbagai penampilan kesenian budaya sunda di tampilkan para siswa siswi SMK N 2 Banjar. Mulai dari penampilan seni bela diri tatar sunda, rampak kendang, tari Bala Dewa, hingga lantunan musik dari tim kesenian SMK N 2 Banjar yakni Esambel Technique.

Menjadi acara puncak dalam pagelaran seni budaya sunda ini adalah penampilan teater berjudul "Ulah Ceurik". Selain itu juga diadakan bazar dari UMKM SMK N 2 Banjar.

Pagelaran seni budaya sunda yang dilaksanakan di SMK N 2 Banjar terasa spesial karena dihadiri oleh orang nomor dua di Pemerintahan Kota Banjar. Selain Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, turut hadir juga, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar, H. Dahlan, Kasat Pol PP Kota Banjar, Edi N.R., Ketua Harian Dewan Kebudayaan Kota Banjar, Dani Danial Muhklis, Perwakilan Polres Banjar, dan Kodim 0613/Ciamis.

Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya pegelaran kebudayaan sunda di SMK Negeri 2 Banjar.

"Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas apa yang dilakukan oleh SMK N 2 Banjar. Dimana, ditengah situasi yang agak kebarat-baratan tetapi disini (SMK N 2 Banjar) masih tetap mempertahankan budaya Indonesia atau melestarikan budaya sunda kepada para siswa siswinya," ujar H. Nana dalam sambutannya.

Lebih lanjut, H. Nana mengatakan, ekspresikan gayamu, tetapi jangan lupakan budayamu. Ekspresi budaya generasi muda yang tidak lupa dengan budaya.

"Saya mendapatkan laporan prestasi yang didapat SMK N 2 Banjar melalui esambel technique nya. Tim kesenian ini tidak pernah mati, meskipun setiap tahunnya personelnya silih berganti," tuturnya.

Dikatakan H. Nana, pembentukan regenerasi sudah dibentuk sejak kelas 1 yang berminat dalam komunitas ini. Dan selalu mendapatkan prestasi dengan personel-personel yang baru.

"Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain. Serta segala harapan yang kita inginkan semua bisa menjadi kenyataan," tandasnya.

Dalam pagelaran seni budaya sunda di SMK N 2 Banjar ini diikuti oleh para siswa siswi dan disaksikan oleh siswa siswi lainnya. Selain itu turut hadir menyaksikan para orang tua murid atau wali murid SMK N 2 Banjar.//yuli.