• News
  • Ngobrol Bareng Al Muzzammil Yusuf di Webinar Bertema, “Kreatif Dan Inovatif Dengan Teknologi Informasi”

Ngobrol Bareng Al Muzzammil Yusuf di Webinar Bertema, “Kreatif Dan Inovatif Dengan Teknologi Informasi”


Laporan Wartawan TabloidPamor.com, Sholastica Vania PS

TABLOIDPAMOR.COM, JAKARATA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online yakni Literasi Digital dengan mengusung tema: “Kreatif Dan Inovatif Dengan Teknologi Informasi”, diselenggarakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023 melalui platform zoom meeting.

Dalam seminar Literasi Digital ini, terdapat narasumber yang berkompeten pada bidangnya, yaitu Dr. Al Muzzammil Yusuf, M.Si (Wakil Ketua Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc (Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI), Samsuri (Business Coach) serta mengundang Sabiqul Iman S.Ab (Praktisi Digital Kreatif). 

Seminar Literasi Digital ini merupakan inisiasi yang di dukung oleh Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan, diantaranya yakni untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Al Muzzammil Yusuf, mengawali paparannya menyampaikan bahwa, Potensi ekonomi digital di Indonesia berkembang begitu pesat dimana dalam hal ini masyarakat atau pelaku digital di tuntut untuk memberikan kreatifitas di dalam teknologi informasi yang ada. 

"Sebagai pemanfaatan internet dalam bingkai SDM unggul Indonesia juga harus diikutsertakan keimanan dan ketaqwaan serta akhlaq mulia dalam bertindak agar tidak terjadinya penyalahgunaan teknologi informasi seperti penyebaran hoax, penipuan, ataupun cyber bullying, " Muzzammil menyampaikan paparannya. 

Dilanjutkan pemaparan Semuel Abrijani, menyampaikan, "Kominfo memiliki tugas untuk memberikan informasi mengenai literasi digital untuk memfasilitasi masyarakat supaya cakap digital pada era saat ini".

"Peningkatan literasi digital saat ini butuh bantuan semua pihak masyarakat tidak hanya kominfo saja sebagai fasilitas, tetapi keinginan masyarakat untuk terus belajar. Hal ini dalam upaya untuk memajukan digital Indonesia, " jelas Semuel. 

Semuel malanjutkan, "Selain itu liteasi digital juga berfungsi untuk mengarahkan masyarakat supaya bisa memanfaatkan dunia digital dengan sebaik-baiknya, " tambahnya.

Pemaparan ketiga disampaikan Samsuri selaku Business Coach, menyampaikan bahwa, "Kita dapat mengutip Hani Bin Hayar Bin Amru berkata bahwa Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai pekerjaan yang pailing mulia".

"Jual beli (bisnis) yang mabrur atau sesuai syariat dan tidak mengandung unsur tipuan dan dosa. Jadi untuk Bapak/Ibu yang hadir di zoom meeting sore hari ini yang ingin memulai menjadi pebisnis harus selalu berpikir tentang kesuksesan, jangan pernah takut untuk bermimpi besar dan menjadi pebisnis, "jelas Samsuri dan Pengusaha itu mudah asal tahu cara dan siap berkomitmen, " tambahnya.

Pemaparan terakhir disampaikan Sabiqul Iman, menyampaikan, "Kita dapat mengetahui manfaat dan buyer persona yaitu membantu menyasar pelanggan yang tepat, menyesuaikan strategi pemasaran, membidik target iklan dengan lebih efektif, dan menyiapkan produk yang dibutuhkan pelanggan, " kata Sabiqul.

Lebih lanjut Sabiqul menambahkan, "Maka dari itu, bisnis yang sukses berasal dari pemahaman yang baik mengenal target audience. Hal ini dapat di raih dengan menciptakan buyer persona yang benar-benar sesuai target produk, " tutup Sabiqul.

Setelah paparan materi dari narasumber selesai, dibuka sesi tanya jawab untuk para peserta yang diikuti 236 peserta. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Sesi diskusi berjalan interaktif antara narasumber dan peserta.

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital untuk mendapatkan manfaat yang seluas-luasnya sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika.