• News
  • Menuju E-TLE, Kapolres Banjar Ajak Masyarakat Patuh Berlalu Lalu Lintas

Menuju E-TLE, Kapolres Banjar Ajak Masyarakat Patuh Berlalu Lalu Lintas


Banjar - Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, SH., S.I.K., M.M., mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas meskipun situasi tidak ada penindakan secara langsung atau tilang konvensional. Sehingga tidak ada orang yang merasa dirugikan akibat ketidakpatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Aturan lalu lintas itu tidak hanya berdampak pada diri pribadi saja, tetapi juga akan berdampak pada orang lain. Yang harus kita jaga yaitu jangan sampai karena tidak tertibnya satu orang menjadi permasalahan buat orang lain," ujar Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, SH., S.I.K., M.M., Senin (28 November 2022).

Kapolres Banjar menuturkan bahwa saat ini Polda Jabar tengah mengembangkan aplikasi yang nantinya akan melakukan penilangan secara elektronik atau E-TLE. Namun aplikasi yang dikembangkan ini portable atau bergerak menggunakan handphone di foto dan diproses melalui sistem, kemudian akan dikirim surat kepada pelanggar.

"Sampai dengan saat ini sebagaimana arahan dari Bapak Kapolri kita masih belum melaksanakan (E-TLE). Namun kedepan kita sedang mengembangkan aplikasi yang nantinya akan melakukan penilangan secara elektronik. Jadi E-Tilang itu portable dengan menggunakan handphone di foto kemudian akan diproses melalui sistem dan akan dikirim surat kepada pelanggar," kata AKBP Bayu Catur Prabowo.

Selain sisi penilangan, kata Kapolres, beragam upaya dilakukan Polres Banjar guna menciptakan Kamseltibcar Lantas di Kota Banjar. Salah satunya dengan melakukan pendekatan melalui penyuluhan ke sekolah maupun klub motor di Kota Banjar.

"Alhamdulillah di Banjar ini klub motor tidak terlalu menunjukan sisi arogan. Sampai saat ini masih cukup bagus. Tetapi kita mengingatkan ada kepentingan lain orang yang dijalan, tidak hanya mereka saja. Sehingga jangan merasa dengan rombongan mereka meminta suatu prioritas kepada masyarakat pengguna jalan lainnya," tuturnya.//yuli.