• News
  • Menjaring Bibit Atlit, POPDA Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Cilacap Dibuka

Menjaring Bibit Atlit, POPDA Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Cilacap Dibuka


Cilacap - Perwira Staf Operasi (Pasiops) Kodim 0703 Cilacap Kapten Cba M. Isa Saefudin dalam hal ini mewakili Komandan Kodim menghadiri Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SD, SMP, SMA  sederajat tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2020 yang digelar Pemda Cilacap bertempat di Stadion Wijayakusuma Cilacap, Jalan Setia Budi, Kelurahan Kebon Manis, Cilacap Utara, Jawa Tengah, Rabu (12 Februari 2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman beserta unsur forkopimda, Dandim 0703 Cilacap yang diwakili Kapten Cba M. Isa Saefudin, para kepala dinas dan instansi terkait serta guru dan peserta POPDA  yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA sederajat dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Cilacap serta tamu undangan yang berjumlah sekitar 1500 orang.

Kegiatan diawali dengan pertunjukan tari Bregas Wilujeng yang diperankan oleh 100 penari yang merupakan para pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Cilacap, dilanjutkan dengan pengibaran bendera POPDA, pembacaan sumpah peserta dan wasit serta laporan Koordinator oleh Kadisporapar Kabupaten Cilacap, Wasis, S.Or.

Dalam sambutanya Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) jangan hanya menjadi event rutin tahunan semata, namun event ini harus dimanfaatkan secara optimal sebagai media pendidikan dan pembinaan olahraga pelajar di Kabupaten Cilacap yang harus dilakukan secara konsisten.

"Melalui POPDA ini kita berharap akan terjaring bibit-bibit potensial atlit pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi ditingkat yang lebih tinggi," katanya

Menurutnya hal ini penting untuk dipahami, karena diakui masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang belum diselesaikan dalam rangka memajukan prestasi olahraga di Kabupaten Cilacap.

"Untuk itu manfaatkan momen POPDA ini sebagai sarana evaluasi pembinaan olahraga pelajar yang telah dilaksanakan selama ini, sehingga hal-hal yang baik dapat ditingkatkan dan hal yang kurang baik dapat dicarikan solusinya," ujar Tatto.

Sementara itu Pasiops, Kapten Cba M. Isa Saefudin yang turut mendampingi bupati memberi tanggapan positif atas upaya Pemda Cilacap terkait pembinaan olahraga dikalangan pelajar.

"Melalui kegiatan POPDA ini diharapkan akan mampu memotivasi dan mengoptimalkan potensi atlet pelajar di Kabupaten Cilacap serta dapat dijadikan sebagai wahana seleksi di tingkat olahraga pelajar, dengan demikian maka kedepan diharapkan prestasi olahraga diwilayah kita akan semakin meningkat," ucap Pasiops.// W1D