• News
  • Masa Pandemi, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Minta Para Bunda Sabar Mendidik Anak

Masa Pandemi, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Minta Para Bunda Sabar Mendidik Anak


Ciamis - Masa pandemi Covid-19 mengharuskan anak sekolah dari mulai tingkat pendidikan usia dini hingga sekolah tinggi melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara dalam jaringan (daring). Langkah ini diambil pemerintah agar meminimalisir penyebaran bahaya virus corona.

Pendidikan secara daring/online itu tidak selama nya diterapkan. Beberapa kabupaten/kota di Indonesia kini telah membuka kembali Pembelajaran Tatap Muka untuk jenjang sekolah dasar hingga menengah atas/kejuruan.

Kabupaten/kota di Indonesia yang telah menggelar Pembelajaran Tatap Muka salah satunya di wilayah Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Sudah lebih dari dua pekan sekolah di Ciamis melaksanakan uji coba sekolah tatap muka.

Meski demikian, tidak semua murid bisa belajar secara tatap muka langsung. Ini diberlakukan lantaran pihak sekolah harus menerapkan protokol kesehatan yang mengharuskan membatasi jumlah siswa di setiap kelas. Secara bergantian para murid melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Pembelajaran secara daring, mengharuskan para orang tua untuk bisa menjadi guru untuk anaknya dirumah. Sebab, para guru tidak bisa mengawasi satu persatu para siswa dirumah masing-masing ketika melakukan sekolah daring, maka dari itu peran orang tua sangatlah penting dalam pembelajaran secara daring.

Menyikapi pembelajaran secara daring, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat berpesan kepada para orang tua untuk membimbing dan mengajarkan anak-anak ketika melakukan sekolah secara daring. Sebab ketika daring secara otomatis peran guru akan digantikan atau dihandle langsung oleh para orang tua.

"Saya berpesan kepada bunda-bunda semua supaya sabar, tetap sabar, dan sabar untuk mendampingi putra putrinya belajar dirumah masing-masing," ucap Hj. Kania Ernawati Herdiat kepada awak media seusai acara di Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Komplek Pendopo Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (3 Mei 2021).

Hj. Kania Ernawati Herdiat berharap wabah virus corona dapat segera hilang dari muka bumi ini khususnya Kabupaten Ciamis Indonesia. Sehingga masyarakat dapat segera menjalani aktifitas seperti normal pada umumnya dan anak-anak juga bisa bersekolah seperti sedia kala.

"Mudah-mudahan virus corona ini dapat segera lenyap dari bumi kita khususnya Kabupaten Ciamis, Indonesia. Sehingga kita dapat berkegiatan secara normal sebelum ada Covid-19," pungkasnya.//yuli.