• News
  • LSM GMBI Distrik Ciamis Datangi DPRD Ciamis Tolak RUU HIP

LSM GMBI Distrik Ciamis Datangi DPRD Ciamis Tolak RUU HIP


Ciamis - Ratusan massa dari LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia Distrik Ciamis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Aksi digelar di depan Gedung DPRD Kabupaten Ciamis, Selasa (30 Juni 2020).

Para massa tersebut berorasi sambil membentangkan beberapa spanduk penolakan RUU HIP meminta agar DPRD Kabupaten Ciamis menyampaikan aspirasinya ke DPR Pusat.

"Kami menggelar aksi ini sebagai bentuk penolakan RUU HIP secara tegas dan hentikan sekaligus cabut progres RUU HIP. Kami juga meminta kepada DPRD kabupaten Ciamis sebagai representatif warga masyarakat Ciamis untuk menolak RUU HIP," tegas ketua LSM GMBI Distrik Ciamis, Robi Tamzil, disela-sela aksinya.

Dalam aksi tersebut, LSM GMBI menyerahkan berita acara aspirasi terkait penolakan RUU HiP, yang diterima oleh ketua Komisi A, Ade Amran, dari fraksi PKS, didampingi, Novi Zaenudin dari PKB, Awan Setiawan dari fraksi Gerindra serta Nur Muttaqin dari fraksi Demokrat.

"Kami mengapresiasi kehadiran LSM GMBI Distrik Ciamis, dimana adanya kepedulian dari salah satu komponen bangsa, dan ini sudah isu nasional, dan kita sepakat RUU HIP ini diberhentikan. Terkait pernyataan sikap LSM GMBI yang dituangkan dalam berita acara, yang diserahkan kepada kami, nanti kami akan sampaikan," terang Ade Amran.

Setelah penyampaian berita acara kepada para anggota DPRD Kabupaten Ciamis, massa yang berkumpul menunggu hasil serah terima surat, dan usai ditandatangani, seluruh massa dari LSM GMBI kemudian membubarkan diri, hingga kondusifitas jalan kembali normal lagi.//yuli.