• News
  • Larangan Mudik Berakhir, Kadishub Jabar: Kita Masih Perketat dan Awasi Pelaku Perjalanan

Larangan Mudik Berakhir, Kadishub Jabar: Kita Masih Perketat dan Awasi Pelaku Perjalanan


Banjar - Masa penyekatan larangan mudik lebaran tahun 2021 segera berakhir pada 17 Mei 2021 pukul 23.59 WIB. Namun pemerintah akan tetap melanjutkan pelaksanaan pemeriksaan disetiap perbatasan antar kota/kabupaten bahkan provinsi.

Ini dilakukan pemerintah untuk mencegah melonjaknya kasus terkonfirmasi positif di Indonesia. Untuk itu, sampai saat ini akan masih diberlakukan pemeriksaan kepada para pelaku perjalanan hingga seminggu kedepan.

"Kita masih lanjut sampai dengan tanggal 24 Mei 2021. Kemarin Dir Lantas Polda Jabar siap melakukan pengetatan, pengawasan pelaku perjalanan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Hery Antasari didampingi Kasat Lantas Polres Banjar AKP Purwadi, SH., M.A.P., dan Kadishub Kota Banjar saat meninjau Pos Penyekatan Perbatasan Jabar-Jateng di Cijolang, Purwaharja, Kota Banjar, Senin siang (17 Mei 2021).

Hery mengungkapkan, pemeriksaan yang akan dilakukan selama satu pekan kedepan tidaklah berbeda dari sebelumnya. Seperti pemeriksaan surat tanda sehat, dan surat-surat kendaraan lainnya.

"Saat ini kita lebih mengetatkan bagaimana mereka mengikuti persyaratan kesehatan agar mereka di perjalanan tidak membawa virus. Mereka yang tidak memilikinya tentunya akan kita tindak, mulai dari diminta untuk rapid tes antigen dan penilangan terhadap kendaraan yang tidak komplit," katanya.

Selain itu, selama pelaksanaan penyekatan larangan mudik, menurut Hery, masyarakat Provinsi Jawa Barat patuh mengikuti aturan dari pemerintah. "Yang melintasi Jawa Barat sejauh ini patuh, apalagi yang melaksanakan arus balik patuh, tidak ada lagi istilah penerobosan dan lain sebagainya," ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kadishub Provinsi Jawa Barat bersama Kasat Lantas dan Kadishub Kota Banjar melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang terindikasi pelaku perjalanan arus mudik. Dimana beberapa pelaku perjalanan diminta untuk melakukan tes rapid antigen lantaran tidak memiliki dan sudah habis masa berlaku surat bebas Covid-19.//yuli.