• News
  • Kunjungan Sandiaga Uno ke Desa Wisata Cikakak

Kunjungan Sandiaga Uno ke Desa Wisata Cikakak


Banyumas - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi desa wisata Cikakak di Kabupaten Banyumas, (Rabu 13 Oktober 2021). Kunjungan terkait Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) ini, disambut oleh ratusan warga Desa Cikakak.

Ia sempat berhenti di area terminal desa wisata Cikakak untuk mendengarkan presentasi dari Pokdarwis Desa setempat dan dilanjutkan dengan melihat produksi UMKM di wilayah tersebut.

Sandiaga memastikan bahwa Desa Cikakak memang layak masuk ke 50 besar desa wisata terbaik.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga seusai menandatangani prasasti dan memberikan anugrah kepada pihak terkait.

"Ini juga sebagai apresiasi kami kepada Bupati atas pengendalian Covid. Sehingga ke depannya wisata bisa segera dibuka kembali," ucapnya.

"Dan ini juga kunjungan pertama kami, untuk memastikan tim penilai kemarin, sudah sesuai tidak dengan penilaian mereka, hingga di sini masuk ke 50 besar desa wisata terbaik," lanjutnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menobatkan 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Puluhan desa tersebut selanjutnya akan dijadikan destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Dari total 70.000 desa di seluruh Indonesia, terdapat 1.831 desa wisata yang mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 (ADWI 2021). Ribuan desa itu tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Sementara dari 1.831 desa yang mendaftar di ADWI 2021, telah terkurasi menjadi 300 desa, dan kemudian dikerucutkan menjadi 100 besar desa wisata, hingga terpilih menjadi 50 besar desa wisata terbaik.//ipung