• News
  • “Komunikasi Di Media Digital” Tema Webinar Dihadiri Fadli Zon

“Komunikasi Di Media Digital” Tema Webinar Dihadiri Fadli Zon


Laporan Wartawan TribunPamor.com, Scholastica Vania PS

TABLOIDPAMOR.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat “Memajukan Pariwisata Melalui Media Digital”, diselenggarakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023 melalui platform zoom meeting.

Dalam seminar tersebut terdapat Empat pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu Dr. Fadli Zon (Anggota Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. (Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI), Rahmanda Primayuda, M.H (DPP IKM) dan Mahpudi, M.T (Pegiat Literasi Digital). 

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Ngobrol Bareng Legislator yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara menyiapkan talenta digital sambut bonus demografi pada saat ini. 

Diawali sambutan oleh Fadli Zon, yang menyampaikan, "Sebagaimana kita ketahui kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi begitu cepat bahkan kemajuannya sampai melebihi level kecepatan produktifitas kita. Dari tangan anak bangsa harus lahir ide-ide inovatif agar dapat memajukan pariwisata dalam negeri, menarik wisatawan luar negeri agar menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan objek wisata."

"Kalau produktifitas tinggi maka kualitas nya pun tinggi juga maka kita bisa mengisi di tingkat internasional. Jangan pernah tidak percaya diri karena melalui media digital kita dapat mempromosikan pariwisata yang ada di Indonesia. Semua punya kesempatan yang sama untuk memajukan pariwisata di Indonesia melalui media digital, " terang Fadli Zon dalam sambutannya.

Dilanjutkan paparan Semuel Abrijani menjelaskan bahwa, “Kita perlu bekerja sama dalam mewujudkan dan menyukseskan transformasi digital di Indonesia."

"Salah satu pilar penting dalam mendukung terwujudnya transformasi digital adalah terbentuknya masyarakat digital yang mempunyai kemampuan literasi diigital yang memadai. Ngobrol Bareng Legislator merupakan hal yang paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini,” jelas Semuel. 

Selaku Pegiat Literasi Digital, Mahpudi, menjelaskan bahwa, “Memajukan Pariwisata dengan Media Digital dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah memperbanyak pengetahuan atau informasi daerah-daerah pariwisata yang berpotensi untuk dipromosikan."

"Menggunakan konsep AIDDA bagi Pariwisata yaitu: memberi informasi tentang keberadaan destinasi wisata, membangun pemahaman tentang destinasi wisata, menggambarkan keunggulan dan daya Tarik destinasi wisata, menyentuh kebutuhan atau minat pemirsa,mendorong Hasrat atau minat untuk berkunjung, memberikan gimmick agar tergerak untuk berkunjung, memastikan pemirsa mengambil keputusan untuk berkunjung ke destinasi wisata, memandu kunjungan, dan mefasilitasi kunjungan,” jelas Mahpudi.

Dan terakhir paparan Rachmanda Primayuda, menjelaskan, “Memajukan Pariwisata Melalui Media Digital bisa menggunakan berbagai macam media digital contohnya : audio media digital (radio digital,podcast, buku audio), Vidio (media digital bersifat visual seperti youtube), Media social (twitter, facebook, Instagram, linkedln, dan snapchat), Periklanan dengan memanfaatkan kemitraan pemasaran dan ruang iklan."

"Jenis Wisata di Indonesia yaitu: Wisata budaya, wisata pertanian, wisata buatan, wisata religi, wisata cagar alam, wisata Bahari. Langkah dalam pemasaran Pariwisata/ objek wisata dengan cara membuat website pariwisata, membuat Instagram, gunakan Teknik search engineOptimization, Ciptakan konten yang menarik, Lakukan email marketing, Lakukan iklan online, gunakan google my business dan tripadvisor, " urai Rachmanda.

Rachmanda menambahkan, "Digital Marketing dalam Pariwisata bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan suatu wisata di media social agar menarik wisatawan datang. Kegiatan digital marketing biasanya dilakukan di website, discussion, mobile applications, " tutupnya.