• News
  • Komitmen Pemprov Jadikan Pangandaran Sebagai Etalase Pariwisata Jabar

Komitmen Pemprov Jadikan Pangandaran Sebagai Etalase Pariwisata Jabar


Pangandaran - Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., berkomitmen menjadikan Pangandaran sebagai etalase pariwisata Jawa Barat. Di tahun pertama kepemimpinannya, sedang menata pantai barat Pangandaran dan membuat break water.

"Tahun 2020 kita ada pengembangan dua lahan milik pemprov (untuk mendukung pariwisata Pangandaran)," terang Ridwan Kamil saat ditemui disela-sela kegiatan di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (1 Desember 2019).

Dua lahan tersebut, kata Ridwan Kamil, pertama Pondok Seni di pantai barat dan satu lagi tak jauh dari pantai. "Dibuat waterboom, dan lainnya," katanya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan, intinya akan terus mengembangkan Pangandaran agar semakin maju. Pengembangan pariwisata ini untuk masyarakat.

"Seperti pembuatan trotoar dan penataan pantai barat. Penataan ini supaya wisatawan nyaman, dan tersedia toilet tak jauh dari pantai," imbuhnya.

Ridwan Kamil menuturkan, tujuan penataan ini supaya siang dan malam hari ada aktivitas. Selama ini, tak ada trotoar dan lampu penerangan di bibir pantai. "Sehingga malam hari tak ada kegiatan," tuturnya.

Setelah penataan selesai, kata Ridwan Kamil, aktivitas wisatawan dan warga yang jualan bisa sampai malam. "Ekonomi warga bisa meningkat," terangnya.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menambahkan, di Pondok Seni akan ada penambahan destinasi wisata berupa waterboom, dan arena wisata air lainnya. Selain itu ada pula tempat kuliner dan pondok wisata.

Sedangkan satu lahan milik pemprov awalnya merupakan kantor UPTD Dinas Sosial di Pangandaran. Tempat ini akan dibuat alun-alun di kawasan pantai.//yuli.