• News
  • Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Apresiasi Budidaya Jamur Anggota Kodim 0613/Ciamis

Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Apresiasi Budidaya Jamur Anggota Kodim 0613/Ciamis


Tasikmalaya - Budidaya tanaman jamur yang dilakukan Sersan Satu Hendar anggota Babinsa Koramil 1325/Langensari Kodim 0613/Ciamis mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya Apresiasi diterima dari orang nomor satu di Persatuan Istri Tentara (Angkatan Darat) Kartika Chandra Kirana Daerah III Siliwangi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Ny. Suci Nugroho Budi Wiryanto seusai mengunjungi stand Jamur Tiram Kodim 0613/Ciamis di acara launching program budidaya Magot dan Azzola di wilayah Koramil 1204/Ciawi di halaman Kantor Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (14 Agustus 2020).

Budidaya yang dilakukan oleh anggota Kodim 0613/Ciamis, kata Ny. Suci Nugroho Budi Wiryanto, merupakan bagian daripada upaya untuk menunjang program pemerintah menjaga ketahanan pangan di tengah situasi pandemi Covid-19. Dimana selama ini Kodam III/Siliwangi bersama Kementerian Terkait telah mempertahankan program ketahanan pangan.

"Budidaya Jamur Tiram Babinsa Koramil 1325/Langensari Kodim 0613/Ciamis sangat bagus. Bagus untuk program ketahanan pangan ditengah situasi pandemi Covid-19," ujar Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi.

Lebih lanjut, Ny. Suci Nugroho Budi mengatakan, budidaya tanaman Jamur tidak hanya untuk menyukseskan program ketahanan pangan. Melainkan juga dapat membantu mensejahterakan perekonomian anggota maupun masyarakat sekitar.

"Ini juga dapat meningkatkan perekonomian. Mulai dari menjual bibit jamur, hasil panen hingga menjadi olahan makanan berupa jamur crispy yang mempunyai nilai jual," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ny. Suci Nugroho mengungkapkan kebahagiannya dengan usaha kreatif yang dilakukan oleh anggota TNI AD di bawah wilayah Kodam III/Siliwangi. Dimana anggota TNI dan Persit bersama-sama saling bahu-membahu mewujudkan program ketahanan pangan.

"Saya senang sekali melihat usaha kreatif yang dilakukan oleh personel TNI AD di bawah wilayah Kodam III/Siliwangi. Kami sangat apresiasi sekali. Semoga di seluruh Kodam III/Siliwangi, Persit nya menjadi pioner untuk seluruh Indonesia dalam segi program ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi," tandasnya.

Sebagai informasi, budidaya yang dilakukan Sertu Hendar personel Babinsa Koramil 1325/Langensari dirintis sejak 2015 jauh sebelum situasi pandemi Covid-19. Dia mengawalinya dari sekedar hobi kemudian dikembangkan, akhirnya membuahkan hasil dan meningkatkan perekonomian keluarga.//yuli.