• News
  • Kembangkan Destinasi Wisata, Situ Leutik Tawarkan Seni Ketangkasan Domba

Kembangkan Destinasi Wisata, Situ Leutik Tawarkan Seni Ketangkasan Domba


Banjar - Di sebuah lokasi wisata tidak hanya sebatas menyuguhkan pemandangan alam yang asri nan indah ataupun fasilitas bermain saja. Akan tetapi juga dibutuhkan pagelaran seni ataupun even guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Seperti yang tengah digalakkan Pemerintah Kota Banjar dalam mengembangkan destinasi wisata yang dimilikinya. Melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata bersama dengan masyarakat Desa Cibeureum siap mendorong even seni ketangkasan domba di lokasi wisata Situ Leutik.

Seni ketangkasan domba menjadi salah satu potensi untuk mengembangkan destinasi di Situ Leutik. Dimana masyarakat yang datang tidak hanya melihat situ ataupun embung, berolahraga, memancing, maupun menikmati fasilitasnya saja, tetapi juga dapat melihat dan menikmati seni ketangkasan domba yang dimiliki Kota Banjar.

"Tatkala nanti ada paket wisata ke Situ Leutik, para turis dapat meminta pake pertunjukan domba. Jadi ini tidak hanya Sabtu-Minggu ataupun even tertentu, akan tetapi ketika turis datang ke Situ Leutik ingin ada festival domba bisa dilaksanakan," tutur Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar, Nana Suryana kepada tabloidpamor.com saat ditemui disela-sela aktifitasnya di Banjar, Senin (16 Maret 2020).

Nana mengungkapkan, hal ini akan mulai dilaksanakan ketika Peraturan Daerah itu turun. Pihaknya akan bekerjasama dengan pengelola wisata Situ Leutik yakni warga masyarakat Desa Cibeureum mengenai paket wisata.

"Selain dari pertunjukan atau festival domba, kedepan akan dibuka juga kolam geroyokan atau istilahnya mengambil ikan rame-rame. Jadi mengingat budaya tempo dulu," ujarnya.

Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menambahkan bahwa dengan adanya even di Situ Leutik, tentunya akan menghidupkan perekonomian masyarakat Kota Banjar khususnya di warga sekitar Situ Leutik Desa Cibeureum. "Adu ketangkasan ini adalah salah satu potensi untuk mengembangkan destinasi Situ Leutik ini," imbuhnya.//yuli.