• News
  • Kejuaraan Purbalingga ¬†Open Taekwondo Championship Tahun 2023, Sukses Namun Miskin Medali

Kejuaraan Purbalingga  Open Taekwondo Championship Tahun 2023, Sukses Namun Miskin Medali


Purbalingga - Bupati Purbalingga menuturkan, Event Purbalingga  Open Taekwondo Championship tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah, meski untuk pertama kali Purbalingga menjadi tuan rumah. Namun antusiasme pesertanya sungguh luar biasa, event yang memperebutkan Piala Ketua DPRD Purbalingga tahun 2023

Hal itu ditegaskan Bupati Kabupaten Purbalingga. Dyah Hayuning Pratiwi saat membuka, Purbalingga Open Taekwondo Championship tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kejuaraan ini diikuti 765 peserta dari 10 kabupaten/kota, bertempat di GOR Sasana Krida Perwira Purbalingga, Sabtu (23 September 2023).

Para atlet taekwondoin yang berprestasi akan diberikankan penghargaan bagi pemenang tim dan atlet terbaik berupa trofi piala Ketua DPRD Purbalingga dan uang pembinaan Juara I sebesar Rp 4000.000, Juara II Rp 3.000.000 dan Juara III Rp 2000.000.

Lanjutnya, Melalui kejuaraan ini Tiwi mengatakan, dari event ini diharapkan akan bermunculan bibit-bibit unggul yang kelak akan berlaga mewakili Provinsi Jawa Tengah dan akan mengikuti event berskala Nasional maupun Internasional, selain itu kejuaraan ini jadi wahana pembinaan bagi atlet-atlet berbakat Taekwondo di Jawa Tengah.

"Selamat bertanding dan  junjung terus sportivitas," kata Bupati.

Tiwi menginformasikan, penyelenggaraan kejuaraan semacam ini juga berdampak pada sektor lainnya, dengan menggeliatnya perekonomian daerah. Diantaranya pada sektor bisnis penginapan/hotel dan UMKM

Event ini diikuti atlet pemula sampai junior, kejuaraan ini terbagi 4 kategori, diantaranya Super Kadet usia 4 - 6 tahun, Prakadet usia 7 - 12 tahun, Kadet 13-14 tahun dan Junior 15-17 tahun.

Pada Kesempatan itu,Ketua Penyelenggara Purbalingga Open Taekwondo Championship tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah, Agung Pratama menyebutkan kejuaraan diikuti 765 peserta, terdiri dari katagori pemula 669 atlet, atlet prestasi 96 atlet. Peserta berasal dari 76 club serta 2 Pengkab dari 10 kabupaten. Kejuaran ini berlangsung hari Saptu dan Minggu (23 - 24 September 2023).

"Purbalingga Open Taekwondo Championship bertujuan mencari bibit-bibit atlet di tingkat Jawa Tengah, kita juga mewadahi ekskul-ekskul untuk bertanding tidak hanya latihan,"  jelas Agung.

Hasil Kejuaraan Purbalingga Open Taekwondo Championship tahun 2023, Juara Umum di raih Tim Satria Taekwondo dari Purwokerto sedangkan Juara Umum II dan III dari Tim Satria Taekwondo dari Purwokerto dan Juara Tim Pelangi dari Semarang 

Trofi piala Ketua DPRD Purbalingga serta uang pembinaan disabet ke tiga Tim  tersebut, namun dari 700 medali yang disediakan penyelenggara dan telah diserahkan.

Penyelenggara  Purbalingga Open Taekwondo Championship tahun 2023, harus kembali memesan sekitar 70 medali, lantaran 70 atlet belum mendapatkan medali pada perhelatan tersebut.//MN