• News
  • Kasdim Cilacap Bersama Tim Gugus Tugas Tinjau Pos-pos Pantau Perbatasan

Kasdim Cilacap Bersama Tim Gugus Tugas Tinjau Pos-pos Pantau Perbatasan


Cilacap-Kepala Staf Kodim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian dalam hal ini mewakili Dandim 0703 Cilacap mendampingi Tim Gugus Tugas Covid-19 yang dipimpin Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji bersama unsur Forkopimda meninjau Pos-pos pantau penjaringan Covid-19, terutama Pos perbatasan di wilayah timur Kabupaten Cilacap, Rabu (20 Mei 2020).

Adapun sasaran peninjauan Pos Pantau penjaringan Covid-19 yang disambangi oleh rombongan Tim Gugus Tugas Kabupaten itu adalah pos pantau utama Alun-alun Kabupaten Cilacap, pos pantau Terminal Cilacap, pos pantau Sampang dan pos pantau Jetis Nusawungu.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Syamsul Aulia Rahman, SStp, M.Si, Komandan Lanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, Dandim 0703 Cilacap yang diwakili Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya, SIK, SH, MH, Sekda Drs Farid Maruf, ST, MM, Kepala DPRD Taufik Hidayat, Kepala Satpol PP Drs Yuliamal Sutrisno, M.Si, Pasiops Kodim Kapten Inf Agus Sudarso, dan jajaran Polres Cilacap.

Dalam kesempatan itu, Ketua Gugus Tugas Kabupaten Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta rombongan memberikan bantuan logistik kepada aparat gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri dari jajaran Kodim 0703 Cilacap, Polres Cilacap, Pemda serta relawan dari masyarakat setempat. Hal ini dilakukan sebagai wujud perhatian Tim Gugus Tugas Kabupaten sekaligus dukungan moril bagi aparat yang bertugas mencegah penyebaran Covid-19 di tiap-tiap Pos Pantau tersebut.

"Kita dari Tim Gugus Tugas sudah melakukan peninjauan Pos Pantau mulai dari perbatasan wilayah barat sampai wilayah timur. Kita tahu aparat gabungan memiliki tugas yang berat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah perbatasan, untuk itu kehadiran kita untuk memberi dorongan semangat bagi mereka yang bertugas di garis depan," kata Tatto.

Lebih lanjut, menurutnya di perbatasan, pemudik yang masuk wilayah Kabupaten Cilacap, wajib lapor dan melakukan pemeriksaan kesehatan, pihak Pemda Cilacap sendiri juga sudah menyiapkan tempat karantina khusus bagi para pemudik yang lokasinya tersebar ditiap Kecamatan.

Kasdim yang turut meninjau Pos Pantau juga melakukan pengecakan terhadap anggota TNI jajaran Kodim 0703 Cilacap yang bertugas di perbatasan. Dia menegaskan pihaknya telah menyiagakan aparat TNI jajaranya untuk mendukung tim gabungan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah perbatasan.

"Kita sudah siapkan personel babinsa yang sudah ditempatkan di seluruh Pos Pantau wilayah Kabupaten Cilacap. Ini adalah komitmen kita untuk membantu pemerintah dalam mencegah Covid-19. Kita semua sudah berupaya untuk melakukan tindakan preventif, kita berharap warga ikut membantu dengan tidak melakukan mudik, agar pandemi ini dapat segera terputus penyebaranya," tegas Kasdim.//**