• News
  • Jembatan Gantung Sepanjang 163 M Diresmikan Dua Kepala Daerah

Jembatan Gantung Sepanjang 163 M Diresmikan Dua Kepala Daerah


Banjar/Ciamis - Jembatan gantung sepanjang 163 meter yang menghubungkan desa di dua daerah yakni Desa Mekarmukti Kabupaten Ciamis dan Desa Balokang Kota Banjar ini diresmikan oleh dua Kepala Daerah. Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya disisi jembatan bagian Kabupaten Ciamis dan Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih di sisi jembatan bagian Kota Banjar.

Pembangunan jembatan ini merupakan bagian rangkaian dari Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung untuk Indonesia. Program ini diprakarsai dan didanai oleh Yayasan Bakrie Amanah dan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) serta Vertical Resque Foundation Indonesia.

Jembatan yang diberi nama "Jembatan Harapan Untuk Negeri", dibangun tidak kurang dari 10 hari. Pengerjaan dilakukan oleh Tim Vertical Resque Foundation Indonesia dan dibantu oleh masyarakat, TNI-Polri serta instansi terkait.

Antusias masyarakat kedua desa di dua kabupaten dan kota ini sangat tinggi. Dimana ratusan masyarakat hadir menyaksikan acara peresmian jembatan gantung ini.

"Saya tidak menyangka akan seramai ini dalam acara peresmian jembatan. Kami dari Bakrie Amanah ingin mengucapkan terima kasih karena berkesempatan untuk menyalurkan, mendistribusikan zakat, sodakoh dari keluarga Bakrie dan seluruh karyawan Bakrie Grpup, yang hasilnya bisa kita rasakan hari ini. Kita bekerjasama dengan Baitulmaal Muamalat," ujar Dewan Pengurus Bakrie Amanah, Maulana Adnan dalam sambutannya di Desa Mekarmukti, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (12 Februari 2020).

Lebih lanjut, Maulana mengatakan, ini merupakan jembatan gantung ke-93. Vertical Resque mempunyai target jembatan gantung 1000.

Selain itu, kata Maulana, Bakrie Amanah bekerjasama dengan Baitulmaal Muamalat di tahun 2020 ini menargetkan membangun 10 jembatan gantung. Salah satunya Bakrie Amanah akan membuat jembatan di Lebak, Banten, lokasi terdapak bencana alam beberapa waktu silam.

"Jembatan yang sudah kita bikin ini, harap dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan. Semoga keberadaan jembatan ini dapat meningkatkam perekonomian, budaya dan lain-lain," pesan Pengurus Bakrie Amanah.

Sementara itu, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Bakrie Amanah yang telah memberikan sodakoh, Infaq untuk masyarakat Desa Balokang dan Desa Mekarmukti. Mudah-mudahan adanya jembatan gantung ini dapat mempermudah akses jalan masyarakat di kedua desa ini.

"Inilah tandanya kebersamaan kita, Yayasan Bakrie Amanah, Baitulmaal Muamalat, Vertical Resque Foundation Indonesia, Pemerintah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kodim 0613/Ciamis, Polres Banjar dan Ciamis serta masyarakat kedua desa. Semoga silahturahmi ini dapat terus terjalin," tutur Walikota Banjar di sisi jembatan bagian Desa Balokang Kota Banjar.

Walikota Banjar mengajak kepada masyarakat untuk merawat jembatan ini. "Kedepan ini akan menjadi dasar ide kita berdua antara Pemerintah Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis untuk membuat jembatan yang permanen, yang bisa dilalui mobil," imbuhnya.

Sama halnya dengan Walikota Banjar, Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengungkapkan bahwa dengan pembangunan jembatan gantung ini akan bermanfaat bagi masyarakat kedua desa. "Silahturahmi lebih erat lagi tidak harus jauh memutar sampai 7-8 kilometer lagi, sekarang cukup skitar 200 meter sampai. Yang paling utama, saya yakin mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat sekitar," ungkapnya.

Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan menambahkan, dengan pembangunan jembatan gantung ini dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat. Sehingga ketika maayarakat sudah makmur dan sudah cukup hisab, tidak lupa untuk berzakat.

"Saya harapkan bukan hanya terjalinnya silahturahim antara dua desa, tetapi juga menumbuhkan ekonomi. Dan ujung-ujungnya bisa melaksanakan ibadah yakni zakat, infaq dan sedekah. Jadi mudah-mudahan seperti itu, tidak hanya sebatas materi dalam bentuk fisik ini, tetapi ada harapan-harapan lain dari kami selaku Lembaga Amil Zakat," katanya.

Selain Bupati Ciamis dan Walikota Banjar, turut hadir Dewan Pengurus Bakrie Amanah, Maulana Adnan, General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan, Vertical Resque Foundation Indonesia, Tedi Ixdiana, Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., Kapolsek Banjar, Kompol Dadi Suhendar, SH., Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R. Kalyubi, dan Para Kepala OPD Kota Banjar serta Kabupaten Ciamis.//yuli.