• News
  • Jaring Kader Pengawas, Bawaslu Kota Banjar Lakukan Interview

Jaring Kader Pengawas, Bawaslu Kota Banjar Lakukan Interview


Banjar - Dari 50 lebih peserta kader pengawas partisipatif yang mendaftar di Bawaslu Kota Banjar, sebanyak 30 kader akan dijadikan mata dan telinga serta mensosialisasikan program-program Badan Pengawas Pemilu Kota Banjar ke masyarakat. Guna menjaring para calon kandidat pengawas yang berusia muda itu, Bawaslu Kota Banjar melakukan wawancara langsung di Kantor Bawaslu Kota Banjar, Jl. Brigjen M.Isa, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis, (14 November 2019).

"Peserta yang mendaftar ada 50 lebih dari 4 Kecamatan di Kota Banjar, yang lolos administrasi sebanyak 38 peserta. Hari ini (14 November 2019) kami lakukan interview kepada para calon kader pengawas partisipatif," jelas Ketua Bawaslu, Irfan Saeful Rohman, SHI, disela-sela kegiatan.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, 30 peserta yang lolos tersebut, nantinya akan mengikuti sekolah kader selama 5 hari. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal 18-22 November 2019.

"Persyaratannya diantaranya usia 19-30 tahun, pendidikan minimal SLTA, diutamakan berpengalaman atau sedang mengurus atau anggota organisasi atau komunitas dan melampirkan keterangan dari lembaga tersebut, tujuannya biar bisa mensosialisasikan dikomunitas masing-masing, minimalnya itu dulu," terangnya.

Irfan menambahkan dalam persyaratan bergabung dengan Bawaslu kota Banjar tidak pernah menjadi anggota atau pengurus partai politik manapun. Karena Bawaslu dituntut independensi, dan dikhawatirkan nanti, netralitasnya dipertanyakan oleh publik.

"Saya berharap para kader ini bisa berbaur dengan masyarakat, menyampaikan aturan-aturan kepemiluan, teknik pengawasan dan yang lainnya," pungkasnya.//yuli.