• News
  • Indonesia Peroleh Tiket Semi Final Usai Menjungkalkan Korea Selatan Dengan Skor 11-10

Indonesia Peroleh Tiket Semi Final Usai Menjungkalkan Korea Selatan Dengan Skor 11-10


Qatar - Drama adu pinalti Garuda muda (Indonesia) berhasil menjungkalkan Korea Selatan. Menjadi sejarah Timnas Garuda Muda pada kejuaraan Piala Asia U-23. 2024. Setelah mengalahkan Korea Selatan, Timnas U-23 besutan pelatih dari Negeri Gingseng, Shin Tae-young (STY) anak asuhannya akan menjadi salahsatu tim yang mulai diperhitungkan oleh tim-tim di Asia.

Kemenangan ini memuluskan Timnas Indonesia U-23 meraih tiket ke semi-final usai mengalahkan Timnas Korea Selatan dengan skor 11-10 melalui drama adu penalti, di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26 April 2024) dini hari WIb, kejuaraan ini akan bermuara mendapatkan tiket ke Olympiade.

Di babak pertama menit ke 15, tendangan Rafael Struick dari luar kotak pinalti berhasil merubah kedudukan bagi timnas Indonesia. Namun pada menit 45 terbalaskan skor 1-1, akibat gol bunuh diri Komang Teguh ketika sundulan Ji-sung mengenai kepalanya, sehingga membelokkan arah bola ke gawang timnas Indonesia. Tetapi Struick kembali membawa timnas U-23 unggul di injury time babak pertama.

Pertarungan di babak ke-II berlangsung ketat bagi kedua tim, nampaknya tim yang diarsiteki STY ini berada di atas angin sewaktu Lee Young-Jun di kartu merahkan wasit pada menit ke-70. Ditambah lagi dengan diusirnya pelatih Korea Selatan Hwang Sun-hong oleh wasit karena mendapat katu merah. Namun sayang, hingga pertandingan usai Timnas Indonesia belum berhasil memanfaatkan peluang tersebut dan menghasilkan skor imbang 2-2. 

Pertandingan pun dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Korsel yang kalah jumlah pemain menerapkan permainan bertahan, sehingga membuat timnas U-23 kesulitan menambah gol. Laga pun dilanjutkan dengan adu penalti. 

Pada babak adu pinalti, tendangan penalti Justin Hubner sempat ditepis namun dianulir wasit karena kiper Korsel Baek Jong-beom bergerak lebih dulu sebelum bola ditendang, ini menjadi keuntungan bagi timnas Indonesia U-23. 

Tendangan penalti Justin Hubner pun diulang dan kali ini berbuah gol. Adu penalti panjang pun berlanjut hingga skor 11-10 untuk kemenangan Garuda Muda. Semua penendang Indonesia sukses mengeksekusi penalti kecuali Arkhan Fikri. Sementara di kubu Korsel, dua penendang yang gagal adalah Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee.//MN