• News
  • HUT Banyumas Ke-449, Empat Pusaka Kebesaran Banyumas Dikirab

HUT Banyumas Ke-449, Empat Pusaka Kebesaran Banyumas Dikirab


Purwokerto - Empat pusaka Banyumas berupa tombak Kiai Genjring, Keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Kitab Stambul di kirab dari Pendapa Wakil Bupati menuju Pendapa Sipanji yang berjarak sekitar 2 km, Minggu (16 Februari 2020).

Kirab pusaka dalam rangka Hari Jadi ke-449 Kabupaten Banyumas ini dipimpin oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, di dampingi oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono bersama anggota forkompinda, pimpinan dan anggota DPRD, kepala dinas instansi, camat, serta kepala desa atau kelurahan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka, Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kavaleri Dani Wardana, S.Sos, MM. M.Han beserta Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra.

Urut-urutan kirab diawali dengan Manggala Yudha, diikuti peserta dibelakangnya dengan membawa lambang daerah, kemudian Tombak Kiyai Genjring bersama umbul-umbul dan berturut-turut keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Kitab Stambul.

Benda-benda pusaka itu kemudian di kirab bersama rombongan yang membawa joli atau foto Bupati Banyumas dari masa ke masa.

Bupati Banyumas Ir.Ahmad Husein memberikan apresiasi yang tinggi terhadap segenap warga masyarakat yang turut serta menyaksikan dan meramaikan jalannya prosesi kirab pusaka. Dia berharap, dengan hari jadi Ke-449 Banyumas, Banyumas menjadi maju dan sejahtera, aman, damai, rukun, dan kondusif.

“Dengan Hari Jadi Ke-449 Banyumas, Banyumas menjadi maju dan sejahtera, aman, damai, rukun, dan kondusif,” ungkap bupati.

Acara kirab diakhiri dengan prosesi Palereman Pusaka di Pendopo Sipanji Purwokerto oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono.//ipung