• News
  • HDI 2019, Walikota Bernyanyi Bersama Disabilitas Kota Banjar

HDI 2019, Walikota Bernyanyi Bersama Disabilitas Kota Banjar


Banjar - Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih berbaur bersama dengan para disabilitas di Kota Banjar dalam lantunan lagu di acara peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2019 tingkat Kota Banjar. Peringatan tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan Banjar, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (5 Desember 2019).

Sebanyak tiga lagu dinyanyikan oleh tiga orang penyandang disabilitas bersama Walikota Banjar dan diikuti oleh seluruh penyandang disabilitas dan tamu undangan yang hadir di acara tersebut. Ketiga lagu yang dinyanyikan itu meliputi, dua lagu dari Rhoma Irama dan satu judul lagu dari d'Masiv yang berjudul Jangan Menyerah.

Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menjelaskan, setiap tanggal 3 Desember selalu diperingati sebagai hari disabilitas Internasional, yang dicanangkan oleh majelis umum PBB dan disepakati oleh seluruh Negara di Dunia sejak 1992. Tahun ini, peringatan hari disabilitas di Kota Banjar mengangkat tema "Banjar Inklusi Ramah Disabilitas Disabilitas Unggul".

"Peringatan Hari Disabilitas di Indonesia, dimaknai sebagai bentuk pengakuan terhadap disabilitas, peneguhan komitmen seluruh bangsa dan membangun kepedulian dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan disabilitas," terang Ade Uu.

Kepala Dinas Sosial Kota Banjar, Asep Tatang Iskandar mengatakan, hari disabilitas internasional yang dilaksanakan setiap tahun bertujuan membuka wawasan masyarakat akan penyandang disabilitas serta memberi dukungan kepada disabilitas untuk terus berkarya. "Melalui kegiatan ini, tentu mereka merasa tidak sendiri mereka punya teman yang sama atau lebih dari mereka," tuturnya.

Kegiatan ini, kata Asep, selalu ditunggu-tunggu oleh para penyandang disabilitas di Kota Banjar. Karena bisa menjadi ajang silaturahmi bagi penyandang disabilitas dan untuk menunjukkan serta menampilkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. 

"Meskipun mereka punya kekurangan, tetapi mereka punya bakat yang bahkan tidak di miliki orang lain," tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Banjar, Kompol Dadi Suhendar, SH., Camat, Lurah, serta puluhan penyandang disabilitas di Kota Banjar. Kegiatan juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada para disabilitas yang berprestasi dan diberikan langsung oleh Walikota Banjar.//yuli.