• News
  • HARI JADI KABUPATEN BANJARNEGARA KE-449, NASI TAKIR MENJADI PEMERSATU ANTAR PEJABAT DAN RAKYAT

HARI JADI KABUPATEN BANJARNEGARA KE-449, NASI TAKIR MENJADI PEMERSATU ANTAR PEJABAT DAN RAKYAT


Banjarnegara - Pesta Rakyat yang  digelar di Alun-alun Banjarnegara  dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 449  dipadati oleh puluhan ribu pengunjung.

Bupati Banjarnegara bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Banjarnegara mengajak duduk lesehan bersama dengan ribuan warga masyarakat untuk menikmati nasi takir di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, Rabu (26 Februari 2020) kemarin.

Sekertaris Daerah (Sekda) dr. Indarto beserta Staf Ahli Aris Sudaryanto dan Asisten Administrasi Tien Sumarwati yang ikut mendampingi Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam jumpa pers mengatakan, nasi takir dalam besek merupakan bentuk kebersamaan dalam mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera.

“Nasi takir dalam besek merupakan bentuk kebersamaan dalam mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” tutur Bupati.

Sepuluh ribu nasi takir yang dikemas didalam besek disediakan oleh Pemkab Banjarnegara untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 449, nasi takir dalam besek tersebut disediakan hampir diseputar Alun-alun dan juga ditengah-tengah Alun-alun Banjarnegara.

"Berjubelnya pengunjung yang datang hingga masih ada yang belum kebagian, semua itu di luar dari perkiraan nanti tahun depan kita akan tambah lagi,” ujarnya.

Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 449 ini jadi momentum bagi masyarakat untuk berkumpul, mengingat perayaan ini hanya bisa disaksikan sekali dalam setahun.

Ditambah pesta rakyat kali ini terlihat berbeda dan unik, hal itu terlihat dari beberapa gunungan yang di arak, karena pada umumnya gunungan yang diarak biasa dihiasi dengan berbagai macam hasil bumi, justru ada salah satu arak-arakan gunungan yang dihiasi dengan buku-buku.

"Gunungan itu menandakan ungkapan dalam rasa syukur atas hasil bumi yang dilimpah Tuhan kepada warga masyarakat Banjarnegara sedangkan gunungan buku merupakan bentuk harapan untuk mencerdaskan sumberdaya manusia,” ungkapnya.

Budhi menuturkan, untuk hiburan rakyat panitia sengaja mendatangan artis Via Vallen, ini merupakan pesta rakyat guna memberi semangat baru di hari jadi yang baru untuk Banjarnegara yang akan mulai diperingati setiap tanggal 26 Februari.

Selanjutnya, Bupati pun menargetkan di tahun ini pihaknya akan menyelesaikan pembangunan  infrastruktur jalan-jalan kabupaten, agar kelak masyarakat Banjarnegara bisa menikmati akses jalan yang baik.//MN