• News
  • Entang : Dirikan Pencak Silat karena Terpanggil untuk wariskan budaya leluhur

Entang : Dirikan Pencak Silat karena Terpanggil untuk wariskan budaya leluhur


Banjar – Berawal dari keinginan hatinya untuk mempertahankan warisan leluhur, Entang Saefudin mencoba mendirikan perguruan pencak silat Sinar Pusaka Sukapura pada 2 tahun lalu.

Dengan menggabungkan seni bela diri,  kesenian dan olah pernafasan, menjadikan pencak silat Sinar Pusaka Sukapura (SPS) yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar memunculkan keunikan tersendiri.

Dengan berbekal tempat seadanya, tapi tak menyurutkan tekad dan semangat Entang bersama anak asuhnya dalam menjalani latihan bersama.

Saat ditemui Tabloidpamor.com disela sela latihan, Ketua SPS cabang Banjar, Entang Saefudin menjelaskan awal mula perguruan mulai, sejak dirinya merasa terpanggil untuk melestarikan warisan budaya leluhur 2 tahun lalu.

"Ditambah keluarga saya, dikenal sebagai keturunan dari pegiat bela diri dan kesenian," tuturnya Jumat (19 Juni 2021) malam.

Menurutnya, ini merupakan acara latihan pencak silat daya gerak Sinar Pusaka Sukapura (SPS) yang dilakukan setiap seminggu sekali. Dimana pencak silat SPS disini memadukan antara seni beladiri dengan olah pernafasan dan diiringi alunan musik kendang.

Harapannya, perguruan pencak silat SPS  Kota Banjar ini bisa lebih maju, lebih jaya, dan kompak. Kami selaku jajaran SPS mempunyai tujuan untuk membentuk anak asuhnya menjadi anak yang berprestasi khususnya pencak silat seni tradisi.

"Untuk peserta pencak silat SPS di cabang Banjar diikuti anak asuhnya yang terdiri dari Desa Neglasari, Kelurahan Situbatu, Kelurahan Banjar dan kelurahan Mekarsari," jelasnya.

Dikatakan Entang, meskipun latihan ditempat seadanya, namun pada event yang digelar pada bulan Maret lalu di Tasikmalaya yang berjalan selama tiga hari diikuti sebanyak 25 peserta, untuk perguruan pencak silat SPS berhasil menjadi juara umum.

“Kami bangga meski kurang perhatian dari pihak manapun dalam event kemarin di Tasikmalaya bisa menjadi juara umum,” terangnya.

Saat ini, lanjut Entang, SPS untuk cabang banjar belum ada anggota atau anak didik di luar Kota banjar, karena tempatnya masih terbatas.

"Dan kabarnya dalam waktu dekat, akan dibuka perguruan pencak silat SPS cabang Ciamis yang akan berlokasi di Karang Malang, Kabupaten Ciamis yang rencananya akan menjadi cabang Ciamis timur," pungkasnya.//heru